5 Pesan Moral dari Film KKN di Desa Penari, Salah Satunya Hormati Adat Istiadat Setempat 

Syifa Fauziah
Selasa 10 Mei 2022 17:30 WIB
5 Pesan Moral dari Film KKN di Desa Penari, Salah Satunya Hormati Adat Istiadat Setempat 
KKN di Desa Penari siap rilis di bioskop. (Foto: celebrities.id/Instagram @kkndidesapenari)

JAKARTA, celeberities.id - Setelah sempat mati suri karena pandemi Covid-19 melanda hampir seluruh dunia, kini dunia perfilman kembali bergeliat. Tak ketinggalan Indonesia, yang kembali membuka bioskop. Begitupun rumah-rumah produksi mulai aktif menggarap film-film terbaik mereka.

Salah satu film yang saat ini sedang tayang dan mendapat perhatian adalah KKN di Desa Penari. Film garapan MD Pictures ini mulai tayang pada Sabtu (30/4/2022) lalu. 

Film yang diangkat dari cerita nyata dan viral lewat utas akun Twitter @SimpleM81378523 beberapa waktu lalu itu punya banyak hal untuk dikupas.

Cerita KKN di Desa Penari sendiri mengisahkan tentang pengalaman sekelompok mahasiswa yang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa di Jawa Timur. Dalam cerita itu dibuat dua versi, yakni versi Nur dan Widya. Cerita yang ditulis oleh akun tersebut begitu menyeramkan hingga mencuri perhatian netizen.

Meski hampir dua tahun berlalu dari rencana awal penayangannya, rupanya animo masyarakat dalam menyambut versi adaptasi filmnya masih tinggi. Tak heran, dalam waktu 9 hari penayangan, film ini tembus lebih dari 3 juta penonton.

Film ini tak hanya mengisahkan tentang pengalaman menyeramkan para sekelompok mahasiswa saja, ada pesan moral yang bisa penonton ambil bila menyaksikan film ini.

Berikut 5 pesan moral yang bisa diambil dari film KKN di Desa Penari, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/05/2022).

5 Pesan Moral dari Film KKN di Desa Penari

1. Menghormati adat istiadat setempat

Dalam cerita di film KKN di Desa Penari, tokoh Ayu dan Bima melakukan tindakan asusila di desa tempatnya sedang KKN. Selain itu, mereka juga menanam pohon di tengah jalan yang membuat masyarakat sekitar merasa tidak nyaman. Hal itu justru menimbulkan dampak negatif bagi kelompok KKNnya.

Pesan moral yang bisa diambil adalah, sebaiknya saat datang ke suatu daerah, tentunya kita harus menghormati setiap adat istiadat yang dijunjung oleh masyarakat di sana.

 

1
/
2