5 Pesona Perempuan yang Jadi Presiden, Nomor 4 Megawati Soekarnoputri!

Ayuningtyas Notomihardjo
Senin 13 September 2021 17:51 WIB
5 Pesona Perempuan yang Jadi Presiden, Nomor 4 Megawati Soekarnoputri!
Megawati Soekarnoputri menjadi perempuan pertama yang menjadi presiden Indonesia. (Foto: celebrities.id/britannica)

JAKARTA, celebrities.id - Perempuan kini sudah bisa merasakan kesetaraan sosial. Hal itu membuat beberapa wanita di dunia bisa menduduki jabatan sebagai presiden suatu negara.

Melansir dari britannica, berikut ini lima pesona presiden perempuan di dunia, dikutip pada Senin (13/9/2021).

1. Michelle Bachelet

Michelle Bachelet
Michelle Bachelet. (Foto: britannica)

Bachelet adalah Presiden Chili perempuan pertama yang menjabat antara 2006-2010. Dia juga pernah menjabat sebagai Menteri Kesehatan dan Menteri Pertahanan di bawah Presiden Ricardo Lagos.

Wanita yang kini berusia 69 tahun ini juga mewakili partai sosial Chili dalam menjabat presiden. Dia juga pernah menjabat sebagai menteri kesehatan dan pertahanan dibawah kepemimpinan Presiden Ricardo Lagos.

2. Ellen Johnson Sirleaf

Ellen Johnson Sirleaf. (Foto: britannica)
Ellen Johnson Sirleaf. (Foto: britannica)

Kali ini ada Sirleaf, yang menjadi Presiden Liberia ke-24 dan menjabat dari 2006 hingga 2018. Perempuan yang kini menjajaki usia 82 tahun itu pernah mendapat jabatan lainnya juga.

Dia menjabat sebagai Menteri Keuangan di bawah kepemimpinan Presiden William Tolbert. Setidaknya dari 1979 sampai kudeta yang terjadi pada 1980.

3. Vaira Vike-Freiberga

Freiberga
Freiberga. (Foto: britannica)

Selanjutnya ada Vaira Vike-Freiberga, yang saat ini menjajaki usia 83 tahun. Saat itu, dia menjabat sebagai presiden perempuan pertama di Latvia sejak 1999-2007. Hebatnya, dia ini menjadi presiden tanpa berpayung pada partai politik. Hingga akhirnya, Valdis Zatlers yang menggantikannya pada 2007.

 

1
/
2