5 Raja Paling Kaya di Dunia saat Ini, Nomor 1 dan 2 dari Asia Tenggara

Ahmad Haidir
Jumat 30 Juli 2021 18:09 WIB
  5 Raja Paling Kaya di Dunia saat Ini, Nomor 1 dan 2 dari Asia Tenggara
Dua raja terkaya di dunia berasal dari Asia Tenggara, Raja Maha Vajiralongkorn dari Thailand dan Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam. (Foto: Dok_Okezone)

JAKARTA, celeberities.id – Di era modern sejumlah negara di dunia saat ini masih menganut bentuk pemerintahan monarki yang dipimpin oleh seorang raja atau ratu. Dengan sumber daya yang ada, muncul raja-raja paling kaya di dunia.

Lantas, siapakah raja paling kaya di dunia saat ini? Langsung saja simak daftarnya yang telah celebrities.id rangkum pada Jumat (30/7/2021)
 
1. Maha Vajiralongkorn, Raja Thailand

Secara mengejutkan, Maha Vajiralongkorn adalah Raja paling kaya di dunia. Pria yang juga merupakan pemimpin tertinggi dari Konstitusi Negara Thailand tersebut diperkirakan memiliki aset sebesar USD43 miliar atau sebesar Rp623 triliun!

Vajiralongkorn menggeser posisi Sultan Brunei Hassanal Bolkiah dari daftar raja paling kaya per Januari 2021. Adapun  raja yang memiliki nama lain 'Rama X' tersebut naik tahta tak lama setelah kematian ayahnya Raja Bhumibol Adulyadej pada tahun 2016, sebagai raja kesepuluh dari Dinasti Chakri. 

Dilansir dari majalah bisnis Fortune, sebagian besar kekayaan Raja Vajiralongkorn berasal dari 23% sahamnya di Siam Commercial Bank, salah satu bank terbesar di negeri Gajah Putih dan juga Siam Cement Group, konglomerat industri terbesar di Thailand. Portofolionya juga mencakup sekitar 6.500 hektar tanah utama dan lebih dari 40.000 sewa dengan pengembang.
 
2. Sultan Hassanal Bolkiah, Raja Brunei Darussalam 

Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam. (Foto: Dok_Okezone)
Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam. (Foto: Dok_Okezone)

Merupakan sosok 'sultan' sesungguhnya di kehidupan nyata. Selain berstatus sebagai orang nomor 1 di Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah juga memiliki kekayaan yang luar biasa melimpah atau yang kerap disebut oleh netizen dengan istilah 'sultan'.

 

1
/
3