5 Rekomendasi Kdrama Bertema Disabilitas dan Kesehatan Mental, Bisa Jadi Pelajaran Hidup 

Dhearowin Qatrunnada
Selasa 19 Juli 2022 09:04 WIB
5 Rekomendasi Kdrama Bertema Disabilitas dan Kesehatan Mental, Bisa Jadi Pelajaran Hidup 
Rekomendasi Kdrama yang mengangkat isu disabilitas dan kesehatan mental. (Foto: Allkpop)

JAKARTA, celebrities.idKorean Drama (Kdrama) menarik banyak pecinta sinema karena berbagai hal. Dari segi variasi genre, kualitas aktor/aktrisnya, penulis naskah dan sutradaranya, sinematografi, hingga tema-tema yang diangkat. 

Bahkan, belakangan semakin banyak Kdrama yang mengangkat isu disabilitas dan masalah kesehatan mental yang menarik untuk disimak. Netizen banyak memuji serial yang sedang ditayangkan saat ini, Extraordinary Attorney Woo yang mengisahkan pengacara dengan syndrom asperger. Hal ini memunculkan diskusi tentang drama-drama layak tonton yang mengangkat isu serupa.

Ada beragam cerita menarik yang disajikan Kdrama yang mengangkat cerita karakter dengan disabilitas dan masalah kesehatan mental. Selain membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan dua topik tersebut, ceritanya juga menarik untuk dijadikan pelajaran hidup.

Berikut celebrities.id telah rangkum deretan Kdrama yang mengangkat cerita disabilitas dan masalah kesehatan mental dikutip dari Allkpop, Selasa (19/7/2022).

Rekomendasi Kdrama dengan Isu Kesehatan Mental dan Disabilitas

1. It’s Okay That’s Love

Rekomendasi drama bahas kesehatan mental dan disabilitas. (Foto: Allkpop)

Serial Kdrama populer ini tayang perdana pada 23 Juli 2014 dan episode terakhirnya pada 11 September 2015. Tayang di channel televisi Korea Selatan SBS, It's Okay That's Love memiliki rating cukup tinggi. 

Drama tersebut berkisah tentang tiga karakter berbeda dengan masalah kesehatan mental yang dimiliki oleh masing-masing karakternya. 

Aktor tampan Jo In Sung berperan sebagai Jang Jae Yeol yang merupakan seorang penulis novel populer di kalangan para wanita sekaligus DJ radio sukses. Dia merupakan orang dengan gangguan Obsessive Compulsive Disorder (OCD) dan skizofrenia. 

Sedangkan aktris cantik Gong Hyo Jin yang memerankan tokoh Ji Hae Soo merupakan seorang psikiater yang memiliki ambisius tinggi terhadap kariernya. Suatu ketika, Jae Yeol dan Hae Soo secara tidak sengaja bertemu di sebuah acara salah satu stasiun televisi dan membuat mereka saling bermusuhan. Namun, seiring berjalannya waktu, rasa benci itu berubah menjadi rasa cinta. 

Serial drama ini turut dibintangi oleh aktor tampan lainnya diantaranya adalah Lee Kwang Soo yang berperan sebagai Park Soo Kwang, seorang pelayan kafe yang menderita sindrom Tourette.  Sung Dong Il sebagai Jo Dong Min dan Do Kyung Soo alias DO EXO sebagai Han Kang Woo. Dalam 10 besar Content Power Index (CPI) di akhir 2014, It's Okay, That's Love menduduki peringkat ketiga karena apresiasi tinggi yang diberikan oleh para pemirsa.

2. Hello, My Twenties (Season 2)

Rekomendasi Kdrama yang mengangkat isu disabilitas dan kesehatan mental. (Foto: Allkpop)

Setelah sukses dalam drama Hello, My Twenties Season 1 pada 2016 lalu, Lee Tae Gon kembali menjadi sutradara dalam Korean drama Hello, My Twenties Season 2 atau yang dikenal dengan judul Age of Youth. Drama tersebut ditayangkan pada setiap Jumat dan Sabtu pada pukul 23.00 waktu KST.

Korean drama ini mengkisahkan perjalanan Jung Ye Eun yang diperankan oleh Han Seung Yeon saat dia berjuang melewati karakter-karakter antagonis setelah diculik oleh mantan pacarnya yang kejam, Go Doo Young yang diperankan oleh Ji Il- joo. Ye Eun dikisahkan masih memiliki masalah dengan rasa traumanya akan kekerasan yang kini menarik diri dari kehidupannya di dunia.

 

1
/
2