5 Sebab Kurang Tidur Bikin Gagal Turunkan Berat Badan, Nomor 1 Paling Sering Terjadi

Wilda Fajriah
Rabu 21 Juli 2021 17:55 WIB
Orang yang kurang tidur cenderung makan lebih banyak daripada orang lain. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Tak hanya diet dan olahraga, untuk menurunkan berat badan seseorang perlu fokus pada faktor-faktor lain, seperti tidak boleh kurang tidur. 

Kualitas tidur, pengelolaan stres dan berbagai kebiasaan lainnya juga memainkan peran kunci dalam penurunan berat badan. 

Sayangnya, banyak orang yang sedang diet justru kurang tidur. Hampir 30-40% orang dewasa tidak tidur lebih dari lima jam setiap hari. Kurang tidur menyebabkan iritasi, mendorong perubahan suasana hati dan mempengaruhi sistem pencernaan.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa tidur berkualitas mungkin menjadi faktor yang hilang bagi banyak orang yang berjuang untuk menurunkan berat badan. 

Melansir Pinkvilla pada Rabu (21/7/2021), berikut adalah alasan mengapa cukup tidur dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

1. Kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan

Orang yang kurang tidur cenderung makan lebih banyak daripada orang lain. Itu terjadi karena tidur memengaruhi dua hormon kelaparan yakni ghrelin dan leptin. Ghrelin memberi sinyal rasa lapar di otak. Leptin yang dilepaskan dari sel-sel lemak menekan rasa lapar dan memberi sinyal rasa kenyang di otak.

 

1
/
3