5 Situs Bersejarah di Mekkah, Tempat Adam Bertemu Hawa hingga Gua Persembunyian Nabi di Jabal Tsur

Andaru Danurdana
Selasa 20 Juli 2021 23:28 WIB
Jabal Rahmah adalah gunung kecil di Arafah yang diyakini sebagai tempat dipertemukannya Nabi Adam dan istrinya, Hawa setelah diusir dari surga usai memakan buah khuldi. (Foto: Instagram @mputrasetia)

JAKARTA, celebrities. id - Mekkah adalah salah satu dari kota suci Umat Islam. Mengunjunginya untuk berhaji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dikerjakan bila mampu.

Selain untuk melengkapi rukun Islam, Mekkah juga menyimpan banyak tempat bersejarah yang patut dikunjungi. Kota Mekkah adalah salah satu tempat yang lama ditinggali Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam sebelum akhirnya hijrah ke Madinah. 

Meski pada akhirnya wafat di Madinah, Rasulullah tentu banyak meninggalkan jejak-jejak penting di kota kelahirannya itu. Nah, termasuk Masjidil Haram, berikut ini lima tempat yang wajib dikunjungi bilamana Celeb Hitz berkesempatan pergi ke Mekkah, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Selasa (20/7/2021).

1. Masjidil Haram

Destinasi utama di Makkah tentu saja Masjidil Haram. Di sinilah semua ritual terkait ibadah haji dan umrah dilakukan. Setiap tahunnya sebelum pandemi Covid-19 melanda, jutaan umat muslim dari penjuru dunia mendatangi tempat ini untuk mengelilingi tawaf dan tentunya menunaikan salat lima waktu.

Masjidil Haram di Kota Mekkah Almukarromah, Saudi Arabia (Foto: Instagram @badaralab3s)
Masjidil Haram di Kota Mekkah Almukarromah, Saudi Arabia (Foto: Instagram @badaralab3s)

Masjidil Haram adalah masjid yang tak pernah sepi pengunjung, setiap jamnya, bahkan di tengah malam, masjid ini selalu dipenuhi para peziarah yang ingin beribadah di dekat Kakbah yang menjadi kiblat kaum muslimin itu.

2. Jabal Rahmah

Jabal Rahmah adalah gunung kecil di Arafah yang sangat bersejarah bagi umat Islam. Menurut data berbagai literatur Islam, bukit ini adalah tempat dipertemukannya Nabi Adam dan istrinya, Hawa setelah diusir dari surga usai memakan buah khuldi. 

 

1
/
2