5 Tanda Paling Mudah Ketahui Kampas Kopling Habis, Salah Satunya Tercium Bau Gosong

Bertold Ananda
Rabu 29 September 2021 15:55 WIB
5 Tanda Paling Mudah Ketahui Kampas Kopling Habis, Salah Satunya Tercium Bau Gosong
Ketahui kampas kopling sudah habis, tercium bau gosong. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Kopling mobil merupakan komponen paling vital dalam kendaraan. Tak terkecuali yang ada di mobil bertransmisi manual.

Pasalnya pedal kopling berfungsi menyalurkan tenaga utama mobil dari mesin ke transmisi. Maka dari itu perlulah untuk di jaga kondisinya supaya kopling mobil dapat terjaga keawetannya.

Cara melihat kondisinya dengan cara memperhatikan dan merasakan ciri-ciri kampas kopling sudah tipis atau sudah habis. Berikut ini dilansir dari laman resmi Auto2000, Rabu (29/09/2021) mengenai ciri-ciri kampas kopling sudah habis dan perlu penggantian komponen

1. Pindah gigi terasa berat
Dalam kondisi normal melakukan perpindahan gigi perseneling tidak perlu mengeluarkan usaha dan tenaga yang berarti. Namun apabila mobil sulit memindahkan perseneling menjadi ciri umum kampas mobil yang sudah tipis yang bisa dikenali.

2. Injakan pedal kopling menjadi tinggi
Memang injekan pedal kopling pada mobil manual sejatinya dapat di atur ketinggian sesuai dengan keinginan. Namun apabila pengaturannya itu berubah secara tiba-tiba dan membuat injakan kopling menjadi lebih tinggi , itu dapat menjadk ciri-ciri kedua yang patut dipertimbangkan dalam melakukan penggantian satu set kampas kopling dengan yang baru

3.  Muncul bau gosong
Ciri-ciri selanjutnya yang dapat ditelusuri jika ditemui kampas kopling mobil sudah habis dengan mengandalkan indra penciuman. 

Apabila terjadi bau gosong pada mobil saat jalan menurun atau menanjak itu bisa menjadi tanda kampas kopling sudah menipis atau bahkan habis. Hal itu di sebabkan karena terjadi gesekan tinggi antara flywhell dan plat penelan pada kampas kopling yang membuat komponen itu cepat terbakar.

 

1
/
2