5 Tanda Shock Breaker Mobil Harus Diganti, Salah Satunya Ayunan Berlebih

Tangguh Yudha
Kamis 23 Juni 2022 14:42 WIB
5 Tanda Shock Breaker Mobil Harus Diganti, Salah Satunya Ayunan Berlebih
Tanda shock breaker mobil harus diganti. (celebrities.id/MNC)

JAKARTA, celebrities.id - Shockbreaker yang rusak, bisa bikin mobil tidak nyaman saat dikendarai. Oleh karena itu, komponen ini perlu dilakukan pergantian bila sudah mengalami masalah yang serius.

Shock breaker sendiri normalnya bisa bertahan hingga 5 tahun. Namun, apabila sering melewati jalanan rusak atau tidak mulus, komponen mobil ini hanya bisa bertahan hingga tiga tahun.

Shock Breaker juga bisa saja minta diganti meskipun penggunaannya masih terbilang singkat. Nah berikut ini adalah tanda-tanda shock breaker mobil minta jajan, melansir dari Tyreplus, Kamis (23/6/2022).

1. Ayunan Berlebih

Mobil yang ayunannya berlebih, khususnya saat menikung merupakan pertanda shock breaker mobil perlu diganti. Mobil akan berayun ke kiri dan kanan hingga butuh waktu lebih lama untuk kembali stabil.

2. Suara Berisik

Pertanda shockbreaker mobil harus diganti selanjutnya adalah adanya suara berisik dari suspensi belakang. Hal ini menjadi patokan umum pengendara dalam menilai mati atau tidaknya shockbreaker mobil.

3. Level Mobil Tidak Seimbang

Saat parkir di permukaan yang rata, mobil menjadi miring, jarak antara ban dan spakbor tiap roda berbeda. Itu juga bisa menjadi tanda bahwa shock breaker mobil sudah minta diganti.

4. Oli Shockbreaker Rembes

Pertanda shock breaker harus diganti yang paling mudah selanjutnya adalah ketika shock breaker mobil mengeluarkan rembesan oli yang keluar, yang artinya sudah ada kebocoran.

5. Ban Aus Tidak Merata

Jika ada salah satu ban yang kembangannya habis, sementara ban lain tidak. Itu menjadi pertanda bahwa sock breakernya telah rusak dalam waktu lama.


Artikel ini sudah tayang di Okezone.com dengan judul Kenali 5 Tanda-Tanda Shock Breaker Mobil Minta Jajan

Editor : Simon Iqbal Fahlevi