5 Tingkatan Salat, Anda di Posisi Mana?

Ayuningtyas Notomihardjo
Rabu 12 Januari 2022 20:34 WIB
5 Tingkatan Salat, Anda di Posisi Mana?
Waktu terbaik salat Dhuha adalah pagi menjelang siang. (Foto: celebrities.id/Ilustrasi)

JAKARTA, celebrities.id - Posisi salat dalam Islam ditempatkan sebagai tiang agama. Oleh sebab itu, para ulama sepakat bahwa keimanan seseorang di antaranya bisa dilihat dari bagaimana cara menunaikan kewajiban salat.

Namun, di dalam salat, ada kumpulan gerakan dan doa-doa yang dipanjatkan seorang hamba-Nya. Karena itulah salat menjadi sarana komunikasi seorang manusia dengan Allah SWT yang menciptakannya.

Amalan salat juga menjadi yang pertama kali dihisab oleh Allah SWT. Melihat pentingnya amalan ini, sebaiknya umat Islam selalu melakukan evaluasi, apakah salatnya sudah benar? Bagaimana tingkatannya dan ada di posisi manakah kita?

Aa Gym mengungkap lima poin tingkatan salat, mengutip dari YouTube Channel Aa Gym Official, Rabu (12/1/2022):

1. Kena siksa

Orang ini disebutkan adalah yang lalai akan salatnya. Bila mendengar azan, hanya akan melaksanakan salat seadanya tanpa ada khusyuk dan ikhlas.

“Orang yang tingkatan nya rendah dalam solatnya adalah sangat dzalim terhadap dirinya sendiri, wudhu nya tidak sempurna, waktu salat tidak terjaga, syarat dan rukun solatnya tidak diperhatikan,” kata Aa Gym.

“Jangankan khusyuk, untuk menjalankannya saja berat. Jarang wirid, salat aja dijadikan beban. Seperti tidak punya salah,” ujarnya.

 

1
/
3