5 Tips Berkendara Aman Menggunakan Mobil di Musim Hujan

Bertold Ananda
Rabu 05 Januari 2022 23:57 WIB
5 Tips Berkendara Aman Menggunakan Mobil di Musim Hujan
Tips berkendara di musim hujan. (Foto: Suzuki)

JAKARTA, celebrities.id - Memasuki tahun baru 2022 yang masih diguyur curah hujan, membuat para pemilik kendaraan harus lebih memperhatikan kondisi mobil. Pasalnya masih banyak pemilik yang  kurang memperhatikan kondisi kendaraan secara detail sebelum mobil digunakan.

Maka dari itu lakukan pemeriksaaan rutin secara berkala mengenai kondisi kendaraan. Pastikan Anda mengemudikan mobil Anda dengan aman dan tidak membahayakan pengendara lain.

Sebab melakukan pemeriksaan rutin mampu mengurangi risiko timbulnya gangguan ketika sedang dalam perjalanan. Berikut ini 5 tips berkendara aman menggunakan mobil di musim hujan dilansir dari Suzuki, Rabu (05/01/2022)

1. Jaga jarak dengan kendaraan lain

Selain mengurangi kecepatan, pengendara juga harus memperhatikan jarak dengan kendaraan lainnya. Hal ini untuk mengurangi risiko tabrakan apabila kendaraan kita atau kendaraan lain harus melakukan pengereman mendadak.

2. Perhatikan kondisi wiper dan kaca mobil

Wiper menjadi komponen yang harus diperhatikan sebelum kendaraan digunakan. Wiper memiliki peran penting untuk membantu pandangan saat hujan agar aman dan nyaman. 

Maka dari itu, penting untuk melakukan perawatan rutin seperti mengecek elastisitas karet serta komponen wiper. Selain itu, kaca mobil juga harus dijaga kejernihannya dengan dibersihkan secara teratur untuk mencegah timbulnya jamur. Kaca dapat dibersihkan menggunakan pembersih kaca sesuai dengan rekomendasi dari bengkel resmi.

3. Perhatikan sistem kontrol kendaraan

Memperhatikan sistem kontrol kendaraan menjadi bagian penting dan wajib ketika kita akan melakukan perjalanan, terutama saat musim hujan. Pastikan sistem kemudi, rem, kopling, dan pedal gas dapat berfungsi dengan baik dan lakukan perawatan rutin di bengkel resmi.

 

1
/
2