5 Tips Diet agar Bobot Tubuh Kembali Ideal setelah Idul Fitri, Salah Satunya Jaga Porsi Makan

Rizky Pradita Ananda
Sabtu 15 Mei 2021 11:05 WIB
Jaga porsi makan usai lebaran. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Tidak sedikit orang yang mengalami kenaikan bobot tubuh setelah momen Idul Fitri. Pasalnya, mereka menjalani pola makan yang tak sehat, mulai dari ukuran porsi, asupan kalori, lemak dan karbohidrat yang berlebihan selama perayaan Lebaran. 

Nah, agar berat badan bisa turun dan kembali ideal seperti sebelumnya, maka diet sekaligus detoks pun perlu dilakukan.  Bingung harus mulai dari mana? 

Tenang, melansir Timesofindia, Sabtu (15/5/2021), berikut tips diet sekaligus detoks agar berat badan bisa kembali ideal setelah Lebaran.

1. Terapi air

Meski sebagian besar orang beraktivitas di rumah dengan work from home atau sekolah dan kuliah daring karena pandemi, tapi nyatanya kebutuhan air atau cairan terkadang masih belum terpenuhi. 

Langkah pertama untuk berdiet memantau pola makan adalah disarankan untuk minum dua gelas air sebelum duduk untuk makan. 

Hal ini bertujuan agar bisa mengurangi asupan makanan dan mengurangi keinginan untuk makan. Selain itu, ketika tubuh terhidrasi, pengeluaran energi saat istirahat akan meningkat yang berarti tubuh kita bisa membakar kalori lebih cepat.

2. Latihan makan dengan perlahan

Tips kedua adalah berlatih menahan diri dan makan dengan perlahan. Ini akan membantu diri kita bisa mengenali sinyal tubuh saat mulai merasa kenyang. Perhatikan sinyal-sinyal ini dan jangan makan berlebihan setelah merasa kenyang.

 

1
/
2