5 Tips Memanaskan Mobil yang Benar, Jangan Hidupkan AC

Bertold Ananda
Sabtu 17 Juli 2021 18:05 WIB
5 Tips Memanaskan Mobil yang Benar, Jangan Hidupkan AC
Panaskan mesin mobil secara rutin agar tetap dalam kondisi prima. (Foto: celebrities.id/Ist)

JAKARTA, celebrities.id - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat membuat jalan-jalan di sejumlah kota besar menjadi sepi. Pengguna kendaraan yang biasanya lalu lalang ke tempat kerja kini harus WFH (work From Home).

Nah, buntut dari kebijakan tersebut membuat pengguna kendaraan harus memarkirkan kendaraannya dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Mobil yang dibiarkan cukup lama umumnya dapat mengalami kerusakan seperti sulit di starter dan hal ini tentu akan merepotkan Celeb Hitz.

Dikutip dari laman resmi Daihatsu (17/07/2021), berikut ini lima tips memanaskan mobil yang benar untuk menghindari kerusakan pada mobil yang tidak digunakan selama PPKM Darurat.
 
1. Panaskan Mesin

Tidak dapat dipungkiri jika memanaskan mesin dapat terhindar dari kerusakan akibat mobil jarang digunakan. Hal itu disebabkan komponen mesin terlumasi dengan oli secara menyeluruh. Untuk mobil canggih keluaran baru sekarang ini cukup hanya memanaskan mesin 2-5 menit. 

 


Untuk mobil berumur panaskan 5-10 menit. Dianjurkan untuk tidak memanasi lebih dari 10 menit karena akan membuang bahan bakar sia-sia. Hindari meninjak gas pada saat mesin dipanaskan untuk menghindari gesekan mesin akibat oli belum melumasi mesin secara menyeluruh.
 
2. Membuka semua jendela

Hal ini dilakukan untuk memberikan sirkulasi udara yang baru pada kabin mobil Anda. Selain itu dengan membuka seluruh jendala juga akan mengetahui bahwa sistem kerja power window, Central lock dapat berfungsi dengan normal tanpa kerusakan.
 
3.  Perhatikan selalu indikator dasboard mobil

Pada saat memanaskan mesin liatlah kondisi dashboar mobil tepatnya pada speedomater mobil terdapat berbagai informasi mengenai kondisi kendaraan. Pastikan tidak ada indikator yang malfungsi. Jika tidak terdapat indikator yang menyala pada speedometer itu menandakan bahwa kondisi mobil sehat dan normal.
 
4. Pencet semua tombol untuk memastikan semua normal
 
Tidak lupa juga sambil menunggu mobil panas, Anda bisa oprasikan semua tombol dalam mobil Anda. Hal itu untuk memastikan semua dapat bekerja dengan prima dan normal.
 
5.  Hindari menghidupkan AC saat mobil dipanaskan

Pada saat mobil belum panas hindari langsung memanaskan AC. Hal itu dikarenakan dapat membuat berat kerja kompressor dan mesin. Jika dibiarkan terus menerus maka kompressor akan cepat rusak. Setelah mesin mobil sudah panas baru Anda boleh menyalakan AC untuk melihat apakah sistem kipas radiator berfungsi dengan baik.

Editor : Andre Purwanto