5 Tragedi Mengerikan Sepak Bola di Dunia, Insiden Kanjuruhan Terparah?

Icon CameraQuadiliba Al-Farabi
Minggu 02 Oktober 2022 10:31 WIB
5 Tragedi Mengerikan Sepak Bola di Dunia, Insiden Kanjuruhan Terparah?
Penembakan gas air mata dari aparat keamanan yang diduga menyebabkan jatuhnya korban sebanyak 153 orang. (Foto: Antara/ Ari Bowo Sucipto)

JAKARTA, celebrities.id - Dunia sepak bola kembali diwarnai tragedi memilukan yang merenggut korban jiwa. Padahal, esensi dari pertandingan sepak bola adalah untuk memberikan hiburan dan kebanggaan bagi pendukung dari salah satu tim.

Ya, sepanjang sejarah, sepak bola tidak hanya memberikan semangat sportivitas dalam pertandingan. Justru, beberapa laga meninggalkan kenangan mengerikan. Apalagi jika suatu laga berakhir dengan kericuhan, kerusuhan hingga insiden yang memakan korban jiwa.

Kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang pasca laga Arema FC vs Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/2022) malam, mungkin menjadi yang terparah di Indonesia. Ironisnya, insiden itu menjadi salah satu yang terparah sepanjang sejarah sepak bola dunia.

Lantas, mana saja tragedi mengerikan dunia sepak bola jika berkaca pada kerusuhan Kanjuruhan? Berikut celebrities.id rangkum daftar tragedi mengerikan sepak bola di dunia, Minggu (2/10/2022).

Daftar Tragedi Mengerikan Sepak Bola di Dunia

1. Tragedi Kathmandu Stadium, Nepal 1988 (93 Orang Tewas)

Tragedi di Nepal pada 3 Desember 1988 ini berada di nomor lima terparah sepanjang sejarah. Sebab, dari tragedi tersebut dilaporkan telah menewaskan sedikitnya 93 orang.

Sekitar 30 ribu penggemar berada di Stadion Nasional menonton pertandingan Nepal vs Bangladesh. Namun, di saat bersamaan  badai petir dan angin kencang menerjang kota. Kerumunan suporter pun harus diguyur hujan es.

Suporter yang panik berdesakkan keluar tribun. Namun, sayang hanya satu dari delapan pintu tribun yang terbuka. Sehingga, peristiwa tersebut menyebabkan korban jiwa berjatuhan.

 

1
/
2