6 Agama yang Diakui secara Resmi di Indonesia

Syafiq Mukhlias Sembada
Jumat 13 Mei 2022 19:26 WIB
6 Agama yang Diakui secara Resmi di Indonesia
Agama yang diakui di Indonesia. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Sebagai negara yang mempunyai ideologi pancasila dengan didasarkan sila pertamanya yaitu Ketuhanan yang Maha Esa, Indonesia memiliki berbagai macam suku dan kepercayaan serta agama. Rupanya, ada beberapa Agama yang diakui secara resmi di Indonesia. 

Agama merupakan bagian penting dalam menjalani kehidupan. Sebab, Agama sebagai ajaran yang mengaitkan hubungan antara manusia dengan Tuhan agar kehidupan berjalan dengan adanya sikap toleransi dan saling menghormati diantara setiap masyarakat Indonesia. 

Status Agama menjadi suatu yang wajib dalam identitias bermasyarakat. Sebagai negara yang demokratis, Indonesia memiliki konstitusi yang menjamin kebebasan dalam beragama. Setiap orang di Indonesia diwajibkan memilih Agama sesuai dengan kepercayaannya sendiri. Hal ini dijadikan sebagai tanda pengenal untuk Identitas pribadi seperti KTP dan dokumen lainnya.

Hal tersebut tercantum di pasal 28E ayat 1 UUD 1945 yang berbunyi “Setiap warga negara bebas memeluk agama dan beribadah sesuai agamanya”. Status keagamaan di Indonesia juga sudah diajarkan dan diterapkan sedini mungkin. Mengapa? Karena hal tersebut tertuang dalam sila pertama Pancasila yang berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa.

Dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (13/5/2022), berikut enam agama yang diakui di Indonesia dan berdasarkan pasal Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1965.

1. Islam

Indonesia sebagai negara penduduk yang beragama muslim terbanyak di dunia. Presentasi Mayoritas masyarakat Indonesia sebagai muslim hingga 87,2 persen atau sekitar 207 juta orang.

2. Kristen Protestan

Agama Kristen Protestan menjadi Agama kedua terbesar di Indonesia dengan presentase 6,9 persen atau sekitar 16,5 juta orang.

3. Kristen Katolik 

Di Indonesia penganut Agama Kristen Katolik presentasenya sebesar sebesar 2,9 persen atau sekitar 6,9 juta orang.

4. Hindu

Di Indonesia sendiri, penganut agama Hindu memiliki persentase sebesar 1,7 sekitar atau sekitar 4 juta orang. Jumlah tersebut menjadikan agama Hindu sebagai agama keempat terbesar di Indonesia.

5. Budha

Agama Budha merupakan Agama tertua kedua setelah islam di Indonesia adalah Budha. Penganut Agama Budha hanya memiliki presentase sebesar 0,7 persen atau sekitar 1,7 juta orang. 

6. Konghucu

Agama Konghucu menjadi Agama yang paling kecil penganutnnya di Indonesia karena hanya memiliki presentasi 0,05 persen atau sekitar 0,1 juta orang.

Editor : Tia Ayunita