6 Alat Musik Chordophone dan Cara Memainkannya

Bertold Ananda
Selasa 26 April 2022 16:20 WIB
6 Alat Musik Chordophone dan Cara Memainkannya
Biola, salah satu alat musik yang dimainkan dengan cara digesek. (Foto: Getty Images)

JAKARTA, Celebrities.id - Kamu perlu tahu bahwa alat musik chordophone merupakan alat tradisional yang memiliki sumber bunyi berasal dari getaran dari senar atau dawai. Getaran tersebut timbul apabila dipetik, digenjreng maupun di tekan.

Menurut kamu apa saja alat musik chordophone yang dapat dimainkan dengan cara seperti penjelasan diatas. Berikut celebrities.id telah merangkum dari beberapa sumber, Kamis (21/04/2022) mengenai alat musik chordophone dan cara memainkannya.

Contoh Alat Musik Chordophone.

Alat Musik Chordophone dengan Cara Dipetik

Gitar

Gitar merupakan alat musik paling populer di dunia. Dimensi yang panjang serta bentuk membuat alat musik ini memiliki bentuk yang indah. Ternyata tidak hanya indah bentuknya akan tetapi jika dipetik maka alat musik gitar dapat menghasilkan nada yang sangat sempurna. Dibekali dengan enam senar yang menghasilkan nada yang bervariasi.

Lubang tengah pada gitar rupanya dibuat tidak hanya sebagai pajangan saja. Akan tetapi lubang di tengah berfungsi untuk memberikan resonansi udara yang membuat suara akan jauh lebih merdu.

Ukulele

Alat musik Ukulele juga termasuk dalam rangkaian alat musik chordophone yang dimainkan dengan cara dipetik. Secara model nampaknya ukulele mirip seperti alat musik gitar. Hanya saja jika ditelusuri banyak perbedaan yang mendasari. Alat musik ukulele mendapatkan model dimensi lebih kecil dari gitar dan tentu memiliki suara unik dan khas. Hal itu berkat senarnya yang hanya memiliki empat varian.

Harpa

Alat musik chordophone yang dapat dimainkan dengan cara dipetik selanjutnya yakni Harpa. Harpa itu sendiri memiliki bentuk yang unik dan ikonik serta dimensi yang besar. Hasil suarra yang dihasilkan dari alat musik harpa sangat merdu. Hal itu dikarenakan berkat senarnya yang banyak dari 22 mencapai 47 senar. Hal itu tentu akan berpengaruh pada nada yang lebih bervariasi.

 

1
/
2