6 Artis Ini Putuskan Jadi Mualaf, Ada Dian Sastro hingga Deddy Corbuzier

Nandha Aprilia
Rabu 09 Juni 2021 15:02 WIB
Deddy hingga Dian Sastro pilih menjadi mualaf. (Foto: celebrities.id/Instagram)

JAKARTA,celebrities.id - Menjadi mualaf adalah keputusan pribadi dan tanpa paksaan. Hal inilah yang dirasakan beberapa artis ketika mereka memutuskan untuk masuk islam.

Menjadi mualaf memang bukan perkara mudah karena banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari keluarga hingga lingkungan sekitar. Bahkan mereka juga harus menahan cibiran dari beberapa pihak yang mungkin mempertanyakan keimanan mereka.

Melansir dari berbagai sumber pada Rabu (9/6/20210), berikut ini enam artis yang memutuskan mualaf.

1. Marchell Siahaan 

Pemilik nama Marcellius Kirana Hamonangan Siahaan kini telah resmi menjadi seorang mualaf. Pengalamannya ini dia ceritakan melalui sebuah tayangan di salah satu kanal YouTube pada 31 Maret 2021. 

Penyanyi kelahiran 1977 itu memutuskan untuk menjadi seorang mualaf atas dasar observasi dan pemahaman yang dia lakukan selama ini. 

“Saya merasa jadi bisa berbuat banyak ketika saya berada di sini, maksudnya berbuat banyak adalah menjadikan diri saya menjadi sesuatu yang berguna bagi banyak orang. Jadi bukan hanya melihat sebagai spiritual internal saja, tapi juga pencapaian spiritual eksternal,” ujar Marcell Siahaan di kanal Youtube Daniel Mananta Network, (21/3/2021).

2. Dian Sastro

Istri pengusaha Indraguna Sutowo ini menjadi salah satu artis yang mantap memutuskan untuk menjadi seorang mualaf. Dian Sastro memilih pindah agama bukan karena dirinya hendak menikah dengan Indra, bahkan Dian sudah lebih dulu pindah agama sebelum dia menikah.

Keputusan Dian untuk pindah agama setelah dia melakukan perjalanan spiritualnya. Akhirnya dia memantapkan hati untuk menjadi seorang mualaf. 

"Yang membuat aku memilih Islam karena aku ingin berserah diri dan pasrah kepada Allah,” ujar Dian Sastro dalam video yang diunggah kanal Youtube Daniel Mananta Network, (1/5/2021).

3. Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier juga menjadi salah satu artis yang mantap menjadi mualaf. Deddy mengucapkan dua kalimat syahadat pada 21 Juni 2019 dibimbing oleh Gus Miftah di Pesantren Ora Aji Yogyakarta.

Banyak desas-desus menyebut bahwa Deddy melakukan hal ini karena konten semata. Namun tampaknya Deddy tidak mengambil pusing akan hal itu. Selain itu, dirinya juga menyebut tidak melakukan hal ini karena perempuan. 

Hal ini dia lakukan karena dirinya sudah merasa tertarik dengan Islam dan mengaku melihat keindahan di dalamnya. 

"Saya tidak akan mengubah agama saya karena perempuan. Alhamdulillah bukan mengubah karena itu. Kalau saya buat keputusan karena itu, saya munafik," ujar Deddy Corbuzier.

 

4. Roger Danuarta

Menjadi hal yang tak mudah bagi Roger memutuskan untuk menjadi seorang mualaf. Sempat tak mendapat restu dari sang ibu, namun akhirnya dia tetap memilih jalannya untuk pindah agama. Sementara, Roger juga menjelaskan keputusannya menjadi mualaf sama sekali tidak ada hubungannya dengan Cut Meyriska.

"Enggak sih, kalau urusan mualaf enggak ada urusan dengan Chika (panggilan Cut Meyriska) sih, itu urusan pribadi," kata Roger, dikutip dari YouTube Ussy Andhika Official, Minggu (28/2/2021).

Pria yang kini menginjak usia kepala tiga itu mantap menjadi mualaf karena dirinya merasa tenang dan mengaku menjadi lebih baik. 

"Ngerasa ya, mungkin buat gua jadi lebih baik. Sebenarnya, agama gua yang sebelumnya atau sekarang, cara gua memandang sebuah agama ya gua benar-benar yakin kalau itu urusan pribadi sama Tuhan. Terus juga yang gua rasain, Islam bisa membuat gua jauh lebih baik lagi sih," kata Roger.

5. Reza Rahadian

Aktor tampan Reza Rahadian mengaku mantap menjadi seorang mualaf lewat komunikasi yang dia lakukan. Ketika menjadi bintang tamu di kanal Youtube milik Daniel Mananta, Reza menceritakan alasannya memutuskan untuk pindah agama.

"Kerjaan bukan, pasangan lebih-lebih lagi, paksaan dari orang sekitar atau orang-orang terdekat yang mungkin mengajak, nggak sama sekali. Tapi itu komunikasi gue dengan Yang Di Atas dan komunikasi dengan nyokap gua. Karena itu gue komunikasikan ke Nyokap," ucap Reza Rahadian dikutip dari video di kanal Youtube Daniel Mananta Network (8/4/2021).

6. Dewi Sandra

Diketahui perjalanan Dewi Sandra menjadi seorang mualaf cukup pelik. Dirinya sempat berpindah agama beberapa kali, di mana sebelumnya dia pernah memeluk agama Islam pada tahun 2000. Ketika itu dia mengikuti agama mantan suami, Surya Saputra.

Namun setelah bercerai, aktris cantik itu menikah dengan penyanyi Glenn Fredly dan beralih ke agama lain tahun 2006.

Hubungan keduanya pun kandas pada tahun 2009. Hingga akhirnya kini dia mantap dengan pilihannya untuk memeluk agama Islam kembali. Hal ini dia lakukan sebelum menikah dengan Agus Rahman pada tahun 2011. Bahkan, Dewi Sandra mengenakan hijab sejak tahun 2013.

Editor : Endang Oktaviyanti