6 Batik Surabaya Siap Dipatenkan dan Produksi Massal, Jadi Ciri Khas Kota Pahlawan

Icon CameraAan Haryono
Selasa 15 November 2022 07:22 WIB
6 Batik Surabaya Siap Dipatenkan dan Produksi Massal, Jadi Ciri Khas Kota Pahlawan
Enam motif batik Surabaya siap dipatenkan. (Foto: celebrities.id/Aan)

SURABAYA, celebrities.id - Setelah melalui proses panjang, enam motif batik khas Kota Pahlawan akhirnya dipatenkan. 

Enam motif batik itu benar-benar menggambarkan Kota Surabaya dari berbagai hal sehingga ke depannya motif batik ciri khas Surabaya itu siap diedarkan dan diproduksi secara massal. 

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Surabaya Fauzie Mustaqiem Yos mengatakan pihaknya mengajukan hak paten enam motif batik Surabaya itu kepada Kemenkumham. Pengajuan itu sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu dan akhirnya keluar hak patennya seminggu lalu. 

“Kita benar-benar dibantu oleh pihak kementerian dalam pengajuan hak paten ini hingga akhirnya sekarang sudah dipatenkan. Keenam motif batik ini akan menjadi ciri khas batik Surabaya karena memang tidak ada di daerah lainnya,” kata Yos, Senin (14/11/2022).

Adapun enam motif batik yang sudah dipatenkan itu adalah Motif Batik Sparkling, Motif Batik Kintir-Kintiran, Motif Batik Abhi Boyo, Motif Batik Gembili Wonokromo, Motif Batik Kembang Bungur, dan Motif Batik Remo Surabayan. Keenam motif batik ini dipilih setelah Pemkot Surabaya menggelar Lomba Desain Batik Surabaya 2022. 

“Jadi, keenam motif batik ini adalah pemenang satu sampai enam dari Lomba Desain Batik Surabaya 2022 yang digelar beberapa waktu lalu. Para pengrajin batik banyak menyetorkan karyanya kepada kami dan setelah melalui proses penjurian yang sangat ketat akhirnya terpilihlah enam motif batik ini, dan enam motif inilah yang kami ajukan untuk dipatenkan dan sekarang sudah keluar alhamdulillah,” ujarnya.

 

1
/
2