6 Cara Ampuh Atasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah saat Puasa, Gunakan Pelembab Udara Ruangan 

Sri Lestari Rahayuningtyas
Kamis 14 April 2022 18:36 WIB
6 Cara Ampuh Atasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah saat Puasa, Gunakan Pelembab Udara Ruangan 
Cara ampuh atasi bibir kering dan pecah-pecah. (celebrities.id/Boldsky)

JAKARTA, celebrities.id - Keluhan bibir kering dan pecah-pecah sering dialami orang ketika menjalani ibadah puasa. 

Pasalnya, bibir tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat untuk menjaga kelembapannya.

Selain itu, kulit di bibir 15 kali lebih tipis dari kulit tubuh, sehingga membutuhkan perawatan dan perlindungan ekstra, terutama selama bulan suci Ramadhan ketika tingkat hidrasi berada di titik terendah. 

Untungnya, ada beberapa cara untuk membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Melansir dari Arab News, Kamis (14/4/2022) berikut ada 6 cara untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah selama bulan Ramadhan.

1.Minum banyak air

Cara terbaik untuk mengatasi masalah bibir yang pecah-pecah dan kering adalah dengan meningkatkan asupan air Anda selama berbuka puasa dan sahur. Secara umum, minum dua liter air per hari akan membuat Anda tetap terhidrasi sambil memastikan bibir Anda tetap sehat.

Masukkan ke dalam daftar makanan seperti sup, laban, dan teh herbal ke dalam makanan Anda, yang semuanya berkontribusi pada asupan cairan total.

2.Coba scrub bibir

Mengeksfoliasi bibir Anda bertujuan akan membuatnya lebih lembut dan terhidrasi, tanpa menghilangkan kelembapan alaminya. Anda bisa membuat scrub bibir sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan dapur seperti madu dan gula.

Anda juga bisa meramu scrub dengan menggabungkan madu, minyak kelapa, dan gula mentah dengan perbandingan yang sama, lalu oleskan campuran tersebut dengan lembut ke cemberut Anda. Selain itu, ada juga berbagai formula pengelupasan di pasaran yang bisa Anda coba, termasuk brand Fenty Beauty Pro Kiss'r Lip-Loving Scrubstick, Fresh Sugar Lip Polish dan GlamGlow Poutmud Fizzy Lip Exfoliating Treatment.

3.Hidrat atau nutrisi

Setelah kulit di bibir terkelupas, carilah pelembab bibir yang mengandung ceramide dan minyak alami. Jika memilih brand yang terkenal bagus, NARS Afterglow Lip Balm. 

Formula dari produk NARS itu memberikan kilau kemerahan yang sehat selain memberi nutrisi pada bibir. Sementara itu, La Mer's Lip Balm membantu memperkuat penghalang kulit, secara instan melembutkan kekeringan.

 

1
/
2