6 Cara Memakai Sunscreen yang Benar, Oleskan 30 Menit sebelum Keluar Rumah

KlikDokter
Jumat 29 Juli 2022 18:13 WIB
6 Cara Memakai Sunscreen yang Benar, Oleskan 30 Menit sebelum Keluar Rumah
Cara Memakai Sunscreen yang Benar, Oleskan 30 Menit sebelum Keluar Rumah. (Foto: celebrities.id/Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Sunscreen sudah menjadi barang wajib di Indonesia. Teriknya sengatan matahari membuat masyarakat membutuhkan sunscreen sebelum beraktivitas keluar rumah. Namun, sudahkah kamu melakukan cara pakai sunscreen yang benar?

Kesalahan pakai sunscreen akan membuat kulit tidak terlindungi maksimal. Akibatnya, kulit tetap menghitam, memiliki flek dan tanda penuaan, atau perih karena terbakar sinar matahari. Penelitian 2016 dalam American Journal of Epidemiology menemukan orang yang terkena sengatan sinar matahari terus-menerus dapat berpeluang lebih besar terkena kanker kulit di kemudian hari.

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mengikuti beberapa cara memakai sunscreen yang benar berikut ini:

1. Pilih Produk Sunscreen yang Tepat

Pertama, hal yang harus kamu perhatikan adalah pemilihan sunscreen yang akan digunakan. Pilih tabir surya spektrum luas yang melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Faktor perlindungan matahari (SPF) sebaiknya minimal 30.

Meski pakai sunscreen, bukan berarti kamu bisa “mandi matahari” sepuasnya, ya. Tetap hindari paparan sinar matahari langsung ke kulit terus-menerus dalam waktu lama agar manfaat sunscreen lebih maksimal.  

2. Kocok Sunscreen sebelum Digunakan

Perhatikan cara menggunakan sunscreen yang tertera pada kemasan. Beberapa merek mengharuskan kamu untuk mengocok botolnya terlebih dahulu. Sunscreen dalam bentuk cair ataupun spray kadang perlu dikocok dulu.

Langkah ini bertujuan untuk mencampur partikel yang mungkin menggumpal di dalam wadah. Dengan demikian, cairan atau krim sunscreen bisa melindungi lapisan kulit dengan lebih maksimal dan merata.

3. Oleskan Tabir Surya 30 Menit sebelum Keluar Rumah

Agar lebih efektif, oleskan sunscreen tiga puluh menit sebelum kamu pergi keluar rumah atau berada di bawah sinar matahari. Waktu tersebut ideal bagi sunscreen untuk dapat diserap oleh kulit dan mencegah luntur saat berkeringat.

Kalau kamu mudah berkeringat atau ingin berenang, carilah jenis sunscreen yang tahan air. Sementara, gunakan tabir surya berbahan dasar air jika kamu memiliki kulit berminyak atau rentan berjerawat.

4. Pakai Sunscreen secara Merata

Gunakan tabir surya pada seluruh bagian kulit yang terkena sinar matahari atau tidak tertutup pakaian, termasuk telinga, leher, punggung, bahu, atau kaki. Area kulit di tubuhmu selain wajah dan tangan juga harus dilindungi, lho.

Oleskan sunscreen secukupnya, jangan terlalu sedikit ataupun terlalu banyak. Pakai hingga meresap sempurna di kulit. Kalau mau mengoleskan sunscreen di sekitar mata, lakukan pelan-pelan karena area kulit tersebut tipis dan sensitif.

 

1
/
2