6 Cara Mencegah Stroke, Salah Satunya Olahraga Teratur

Icon CameraKiki Oktaliani
Senin 16 Januari 2023 14:15 WIB
6 Cara Mencegah Stroke, Salah Satunya Olahraga Teratur
Olahraga salah satu cara cegah stroke. (Foto: celebrities.id/freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Stroke bisa menyersang siapa saja. Ini merupakan salah satu penyakit dengan angka yang terbilang tinggi di Indonesia. 

Dikutip dari Kementerian Kesehatan RI, Senin (16/1/2023), terdapat 10,9 per 1.000 penduduk Indonesia mengalami stroke per 2018.

Meski angka ini menurun dari lima tahun sebelumnya, 12,10 per 1.000 penduduk dan meningkat dibandingkan 2007, yakni 8,3 per 1.000 penduduk. Stroke masih menjadi perhatian pemerintah untuk mencegah angka kematian yang lebih tinggi.

Untuk menghindari kemungkinan yang ada, semua orang bertanggung jawab atas kesehatannya masing-masing. Terutama, dalam mencegah stroke.

Berikut adalah enam hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah stroke, melansir Harvard Health Publishing, Senin (16/1/2023).

1. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi adalah faktor yang sangat besar, menggandakan atau bahkan melipatgandakan risiko stroke jika tidak dikontrol.

Tekanan darah tinggi merupakan penyumbang terbesar risiko stroke baik pada pria maupun wanita.   

Meski secara alami tekanan darah meningkat seiring pertambahan usia, tekanan darah normal untuk semua remaja, dewasa, dan orang dewasa yang lebih tua yaitu di bawah 120/80 mmHg. Memantau tekanan darah ini sangatlah penting.

2. Menurunkan berat badan

Obesitas, serta komplikasi yang terkait dengannya (termasuk tekanan darah tinggi dan diabetes), meningkatkan kemungkinan terkena stroke. Jika Anda kelebihan berat badan, kehilangan sedikitnya sekitar 5 kilogram dapat berdampak nyata pada risiko stroke Anda.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2