6 Cara Merawat Motor yang Jarang Dipakai, Jangan Isi Bensin Full Tank dan Hindari Matahari

Rio Chandra Putra Pratama
Minggu 26 Desember 2021 15:21 WIB
6 Cara Merawat Motor yang Jarang Dipakai, Jangan Isi Bensin Full Tank dan Hindari Matahari
Ini yang harus diperhatikan saat menservis motor sendiri di rumah. (Foto:celebrities/Astra Motor)

JAKARTA, celebrities.id - Menjelang pergantian tahun pemerintah sudah mengimbau agar masyarakat untuk tetap berada di rumah dan menjauhi keramaian lantaran masa pandemi Covid-19 masih berlangsung. 

Kondisi ini membuat kendaraan motor Anda pun jarang digunakan. Kendati demikian, tetap perlu dalam perawatan agar tetap dalam kondisi prima.

Berikut ini enam cara merawat motor yang bisa dilakukan di rumah. Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (26/12/2021) berikut ulasannya: 

1. Apabila motor jarang dipakai usahakan setiap hari dinyalakan (warm up), setidaknya pagi hari antara 5-10 menit. Tujuannya agar baterai atau aki terisi (charged) dan oli mesin bersirkulasi.

2. Ketika motor diparkir, usahakan menggunakan standar tengah agar menjaga keawetan ban dan bentuk ban agar tetap sempurna, serta juga untuk menjaga kestabilan shock yang cenderung terbebani di sebelah kiri.

3. Isi bahan bakar secukupnya, untuk menghindari bensin terlalu lama mengendap di tangki karena itu akan mengurangi kualitas bahan bakar.

4. Apabila motor akan tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, disarankan untuk melepas terminal negatif yang terhubung pada baterai/aki, tujuannya agar aki motor kamu tidak soak. 

 

1
/
2