6 Cara Miliki Kulit Halus dan Sehat, Nomor 5 Paling Mudah Dilakukan

Sri Lestari Rahayuningtyas
Selasa 03 Mei 2022 18:42 WIB
6 Cara Miliki Kulit Halus dan Sehat, Nomor 5 Paling Mudah Dilakukan
Mengenal Hiperpigmentasi, Masalah Kulit yang Kerap Dialami Kaum Hawa. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Perawatan kulit sangat penting dilakukan. Tujuannya agar kulit tetap terjaga, sehingga halus dan sehat.

Kebiasaan membiarkan kulit terkena paparan sinar matahari dan debu terlalu lama akan membuatnya semakin rusak. Mengingat cuaca yang kian berubah tak menentu. 

Perawatan yang dilakukan pun tak perlu yang mahal. Cukup yang sederhana dan konsisten, kulit akan menjadi sehat dan halus.

Melansir dari Jergens, Selasa (3/5/2022), berikut tips untuk mendapatkan kulit halus yang membuat Anda percaya diri.

1. Eksfoliasi 

Sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit terasa kasar. Pengelupasan membantu menghilangkan lapisan ini untuk memperlihatkan kulit selembut beludru di bawahnya.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang mulus, pastikan memilih scrub wajah yang lembut untuk mencegah iritasi pada kulit.

2. Bersihkan dengan body wash yang melembapkan

Tidak ada yang lebih baik daripada mandi air hangat dan beruap. Sayangnya, saat air hangat membasahi kulit Anda, dapat menghilangkan kelembaban alami yang membantu menjaga kulit Anda tetap lembut dan halus.

Untuk membantu melembapkan kulit Anda saat mandi, gunakan sabun mandi yang mengandung minyak dan hindari mandi air panas dalam waktu lama.

3. Melembapkan kulit 

Waktu terbaik untuk melembapkan kulit adalah segera setelah mandi. Cobalah pelembap kulit basah.

Produk unik ini dirancang untuk menutrisi kulit Anda dan menyerap dengan cepat. Tubuh Anda membutuhkan sinar matahari untuk memproduksi vitamin D dan menjaga ritme sirkadian Anda.

Ingatlah bahwa tabir surya cenderung bertahan selama sekitar dua jam. Jadi, Anda mungkin perlu mengoleskan kembali tabir surya agar tetap terlindungi sepanjang hari.

4. Oleskan body butter sebelum tidur 

Body butter adalah jenis pelembap kulit khusus yang mengandung campuran shea dengan cocoa atau mango butter yang sangat menghidrasi untuk menutrisi kulit Anda secara mendalam.

Seperti namanya, body butter lebih kental dari lotion biasa dan membantu meremajakan kulit Anda secara mendalam. Beberapa orang mengoleskan body butter ke seluruh tubuh sebagai bagian dari rutinitas malam mereka. 

5. Minum air yang cukup

Minum air secara konsisten diketahui dapat meningkatkan aliran darah, membuang racun dari tubuh, dan menghidrasi sel-sel kulit. Anda juga dapat menambahkan kelembapan pada kulit dengan menyesuaikan faktor lingkungan di rumah atau di tempat kerja.

Jika Anda tinggal di iklim kering, coba tambahkan pelembap ruangan ke kamar Anda. Perangkat ini menambahkan kelembapan ke udara dan dapat membantu mencegah kulit Anda mengering.

6. Coba pelembab pengencang kulit

Jika Anda ingin meningkatkan warna, tekstur, dan kecerahan kulit Anda, cobalah pelembap pengencang kulit untuk membantu meningkatkan elastisitas kulit Anda. Pelembap yang mengencangkan dan mengencangkan membantu meringankan kekeringan untuk mengungkapkan kulit yang terlihat kencang dan lebih bercahaya.

Editor : Endang Oktaviyanti