6 Dampak Buruk Berbagi Makeup dengan Orang Lain, Breakout Paling Umum Terjadi

Abdul Razak
Minggu 07 Agustus 2022 09:08 WIB
6 Dampak Buruk Berbagi Makeup dengan Orang Lain, Breakout Paling Umum Terjadi
Dampak buruk berbagi makeup dengan orang lain. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Wanita memang tidak pernah bisa lepas dari makeup. Bahkan, saking seringnya bersolek, perempuan kerap membeli item makeup yang diinginkan.

Membeli makeup di pasaran, otomatis akan mencoba berbagai item sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli. Sayangnya, tanpa disadari mencoba makeup di tempat umum berdampak buruk pada kondisi kulit.

Ada bahaya yang mengintai saat Anda menggunakan aplikator dari produk makeup yang sama. Misalnya seperti puff bedak, aplikator lip matte, produk lipstik, dan lain lainnya. Tanpa disadari hal tersebut dapat menyebarkan bakteri.

Melansir berbagai sumber, Minggu (7/8/2022), berikut dampat buruk berbagai makeup dengan orang lain. 

1. Menyebarkan bakteri

Lipstik jadi item yang sering dipakai "bersama". Bayangkan berapa banyak bakteri yang disebarkan dari satu bibir ke bibir lainnya. 

Faktanya, ada banyak bakteri yang mungkin terdapat di setiap bibir. Berbagi lipstik yang sama dapat meningkatkan risiko penyebaran bakteri dan virus. Dampaknya, seseorang dapat terkena flu dari virus yang disebarkan atau bahkan terkena  herpes. 

2. Memicu timbulnya jerawat

Hindari menggunakan produk yang bersentuhan langsung dengan kulit selain milik sendiri. Misalnya berbagi puff bedak, beauty blender, hingga brush. Hal tersebut dapat menjadi sarang bakteri yang dapat memicu tumbuhnya jerawat, apalagi jika kulit Anda tipe yang sensitif.

 

1
/
2