6 Dampak Buruk Merkuri bagi Kulit, Bikin Iritasi hingga Kanker Kulit

Zahrah Hana Afifah
Jumat 15 Juli 2022 15:00 WIB
6 Dampak Buruk Merkuri bagi Kulit, Bikin Iritasi hingga Kanker Kulit
Dampak buruk merkuri bagi kulit. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Dampak buruk merkuri bagi kulit sudah lama diteliti dan dibuktikan oleh para ilmuan. Kemudian hasil penelitian tersebut disampaikan pada masyakat agar tak terjebak dengan produk-produk kecantikan yang mengandung bahan berbahaya merkuri.

Berdasarkan laman resmi Instagram Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) @bpom)_ri, Jumat (15/7/2022), merkuri bahan kimia berupa logam berat yang mengandung racun yang tahan urai dan dapat terakumulasi dalam tubuh. Selain itu merkuri dapat menyebabkan dampak pada kesehatan seperti kerusakan pada organ tubuh dan dapat menimbulkan kanker.

Lantas apa saja dampak buruk merkuri bagi kulit yang dapat dijumpai di produk kecantikan seperti sabun pembersih wajah, krim pelembab, hingga kosmetik.

Melansir berbagai sumber, Jumat (15/7/2022) berikut celebrities merangkumnya untuk Anda.

Dampak buruk merkuri bagi kulit 

1. Mudah diserap kulit 

Kandungan bahan kimia pada merkuri dapat mudah diserap kulit dan  masuk ke dalam aliran darah. Hal ini dapat membahayakan kesehatan penggunanya karena akan tercampur dengan aliran darah yang terus berputar di dalam tubuh.

2. Penipisan lapisan kulit 

Menipisnya lapisan kulit terjadi karena kandungan yang terdapat pada merkuri bersifat korosif. Biasanya kulit yang menggunakan produk perawata berbahan merkuri akan mengelupas dan sendasi panas. Pengelupasan ini disebabkan karena dampak senyawa klorida yang akan melepaskan klorida.

 

3. Iritasi kulit 

Penggunaan merkuri pada kulit dapat menimbulkan iritasi ringan pada kulit. Iritasi ini muncul berupa gatal-gatal, kemerahan pada kulit, bahkan dapat menimbulkan ruam pada kulit. Penggunaan produk kecantikan yang mengandung merkuri dalam jangka waktu panjang akan berdampka serius pada kulit.

4. Menyebabkan hiperpigmentasi

Adanya kandungan amino klorida pada merkuri dapat menghambat pembentukan melanin pada kulit. Senyawa inilah yang mampu memutihkan kulit yang tampak tak natural. Tak hanya itu, perlambatan pembentukan melanin pada kult justru akan mengalami  perubahan warna yang tak merata, hiperpigmentasi, dan flek pada kulit.

5. Kerusakan pada kulit dan organ tubuh 

Tentunya penggunaan produk kecantikan mengandung merkuri yang langsung diaplikasikan pada kulit dapat menimbulkan kerusakan pada kulit.

Berdasarkan organisasi Kesehatan Dunia (WHO), efek samping utama merkuri dalam produk perawatan kulit dapat menyebabkan kerusakan pada fungsi ginjal. Penggunaan produk kecantikan yang mengandung merkuri dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada saluran cerna, dan juga sistem syaraf.

6. Kanker kulit 

Dampak merkuri pada kulit yang paling ditakuti dan berbahaya adalah penyakit kanker kulit. Penggunaan produk perawatan dan kosmetik yang mengandung bahan kimia merkuri sangalah berbahaya. Produk-produk tersebut akan langsung terpapar oleh kulit dan menyerap ke dalam tubuh dengan dengan membawa virus kanker dan mudah tersebar ke seluruh tubuh.

Ada baiknya kita sebagai konsumen harus lebih teliti memilih produk perawatan kulit dan kosmetik agar tidak terjebak dengan produk kecantikan yang menjanjikan kulit putih instan yang justru membawa petaka. Dan sebaiknya sebagai konsumen cerdas kita bisamembeli produk kecantikan resmi yang sudah tercatat di BPOM.

Itulah enam dampak merkuri pada kulit yang sangat membahayakan kesehatan. Untuk informasi menarik lainnya hanya di celebities.id.

Editor : Endang Oktaviyanti