6 Fakta Menarik Candi Prambanan, Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO

Mutiah Nur Rahmah
Minggu 15 Mei 2022 15:33 WIB
6 Fakta Menarik Candi Prambanan, Jadi Situs Warisan Dunia UNESCO
Candi Prambanan masuk ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. (Foto: celebrities.id/Instagram @malvinsurbakti)

JAKARTA, celebrities.id - Candi Prambanan merupakan salah satu peninggalan candi Hindu terbesar di Indonesia yang menjadi salah satu destinasi dan cagar budaya yang masuk ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO

Candi Prambanan yang terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini terkenal akan keindahan dan keunikaan struktur bangunannya. Ketika berkunjung ke Candi Prambanan, Celeb Hitz bisa menikmati fasilitasnya dengan berswafoto, mengenal sejarah dan cerita di balik bangunan candi atau hanya menikmati pemandangan di sekitar Candi Prambanan.

Dilansir dari beberapa sumber pada Minggu (15/5/2022), berikut fakta menarik Candi Prambanan.

Fakta Menarik Candi Prambanan

1. Memiliki nama asli Siwagrha
Berasal dari bahasa Sanksekerta, nama Siwaghra memiliki arti rumah Siwa. Pada awalnya, Candi Prambanan dibangun untuk persembahan pada dewa Trimurti atau tiga dewa utama Hindu yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa. 

Karena pada masa pemerintahan Rakai Pikatan, Dewa Siwa begitu istimewa dan diutamakan, jadilah candi ini diberi nama Candi Siwagrha. Bahkan, di dalam candi ini terdapat arca Siwa yang terletak di garbhagriha atau ruang utama Candi Prambanan.

2. Merupakan Candi Hindu termegah 
Dengan lebih dari 240 candi, komplek Candi Prambanan tidak hanya mewakili harta arsitektur dan budaya, tetapi juga bukti berdirinya kehidupan bersama yang damai di masa lalu. 

Awalnya, candi ini dibuat oleh Rakai Pikatan yang ingin membangun Candi Hindu megah agar bisa menyaingin Candi Budha.

3. Dibangun seperti Gunung Semeru
Menurut ilmu dari agama Hindu, Candi Prambanan sengaja dibangun agar menyerupai Gunung Semeru yang pada zaman dulu dipercayai puncak Mahameru sebagai rumah para Dewa. Selain itu puncak dari Candi Prambanan terlihat seperti mahkota yang diberi nama puncak mastaka atau puncak yang melambangkan halilintar.

4. Legenda kisah Roro Jonggrang
Mitos mengenai Candi Prambanan yang dibangun bersama jin dan mahkluk gaib berawal dari kisah cinta antara Bandung Bondowoso kepada Roro Jonggrang. 

Untuk mewujudkan cintanya, Roro Jonggrang memberikan syarat jika ingin menikahi dirinya, Bandung Bondowoso harus membangun 1000 candi dalam satu malam. Namun, dia gagal memenuhi permintaan itu karena fajar sudah terlebih dulu datang.

Padahal, Roro Jonggrang yang ada dibalik kegagalan usaha Bandung Bondowoso dengan membuat fajar yang seolah-olah sudah tiba. Mengetahui hal itu, Bandung Bondowoso mengetahui tindakan Roro Jonggrang dan menjadi murka. Dia mengutuk Roro Jonggrang hingga Roro Jonggrang menjadi arca yang masih terdapat di dalam Candi Prambanan.

5. Relief Candi Prambanan mengisahkan Ramayana
Rakai Pikatan membangun Candi Prambanan untuk menggambarkan kisah Ramayana dan Krisnayana. Komplek Candi Prambanan terdiri dari Candi Prambanan, Candi Sewu, Candi Bubrah dan Candi Lumbung. 

Ketika berkunjung ke Candi Prambanan, kita bisa menikmati kisah Ramayana yang dimulai dari pradakshina (sisi timur) yang berada di komplek Candi Siwa dengan berjalan memutari candi searah jarum jam atau bisa mengunjungi sisi selatan dari Candi Brahma. 

6. Menjadi situs warisan dunia
Badan Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Dunia (UNESCO) sejak tahun 1991 menjadikan Candi Prambanan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia yang diakui. Hal ini tentu menjadikan Candi Prambanan sebagai salah satu bangunan bersejarah yang membanggakan Indonesia yang bisa diketahui oleh seluruh dunia dari berbagai negara.

Editor : Tia Ayunita