6 Fakta Menarik Rima Melati, Aktris Cantik 1960an yang Pernah Satu Sekolah dengan Gus Dur

Aura Sabrina
Jumat 24 Juni 2022 13:50 WIB
6 Fakta Menarik Rima Melati, Aktris Cantik 1960an yang Pernah Satu Sekolah dengan Gus Dur
Fakta menarik Rima Melati. (Foto: celebrities.id/Dok)

JAKARTA, celebrities.id - Marjolien Tambajong atau yang dikenal dengan Rima Melati merupakan artis senior yang sudah tidak diragukan lagi prestasinya. Selain jago berakting, Rima juga adalah seorang model bahkan pernah menjadi seorang sutradara.

Nama Rima sudah melekat di hati masyarakat dengan mengumpulkan sejumlah prestasi seperti Piala Citra pada 1973 bersama lawan mainnya, Benyamin Sueb.

Selain berprestasi, apa saja fakta menarik dari Rima Melati? Simak ulasannya yang telah celebrities.id rangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/6/2022).

Fakta Menarik Rima Melati

1. Namanya adalah Pemberian Bung Karno

Sekitar 1960an awal, situasi sosial-politik sedang menghangat, Bung Karno yang saat itu pimpinan revolusi memang kerap mengganti nama orang yang menurutnya kebarat-baratan. Sebab itulah Bung Karno mengganti nama Marjolien menjadi Rima Melati.

2. Satu Sekolah dengan Presiden Gus Dur

Saat itu, Rima sempat satu sekolah dengan presiden keempat, yakni Gus Dur di SD Kebangkitan Rakyat Indonesia Sulawesi (KRIS).

3. Salah Satu Personel Baby Dolss 1960an

Di kisaran 1960an, Rima sempat menjadi salah satu personel dari Baby Dolls. Dia tercatat terjun ke dunia akting pada 1961 sebagai peran utama dari film Kasih Tak Sampai.

4. Dua Kali Menikah

Sebelumnya, di pernikahan pertama Rima dengan seorang pria bernama Ir Herwindo berujung perceraian. Lalu dia menikah untuk kedua kalinya dengan aktor Frans Tumbuan pada Desember 1973, hubungan keduanya bermula dari perjodohan saat keduanya masih berusia satu tahun. Di pernikahan keduanya bersama Frans, mereka dikaruniai tujuh orang anak. Namun setelah 42 tahun bersama, Frans meninggal dunia pada 23 Maret 2015.

5. Juri di FFI

Rima sempat mendapat penghargaan sebagai Peran Utama Wanita Terbaik di Festival Film Indonesia 1973 lewat perannya di film Intan Berduri. Bahkan dia juga pernah menjabat sebagai juri di FFI. 

6. Aktif dalam Kegiatan Sosial

Pada 1989, Rima sempat didiagnosa mengidap kanker payudara stadium 3B, sebab itu dia harus terbang ke Belanda untuk menjalani pengobatan. Setelah dia dinyatakan sembuh, dia kembali fokus melanjutkan karier Ibundanya sebagai seorang perancang busana. 

Diketahui, dia juga aktif untuk mengampanyekan kesadaran kanker payudara melalui Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta. Selain itu, dia juga mengkampanyekan antirokok di Yayasan Indonesia Tanpa Tembakau, hingga sempat mendapat penghargaan dari WHO.

Meskipun Rima sudah tiada, namun karya-karyanya tetap melekat di hati masyarakat. Itulah fakta menarik dari Rima Melati, nantikan informasi menarik lainnya hanya di celebrities.id

Editor : Tia Ayunita