6 Fakta Raja Ram Mohan Roy, Bapak India Modern Penghapus Sati  

Muhammad Irfan Ardhiansyah
Minggu 23 Mei 2021 01:59 WIB
Raja Ram Mohan Roy. (Foto: celebrities.id/wikipedia)

NEW DELHI, celebrities.id - Tepat pada 22 Mei 2021 digelar peringatan 249 tahun kelahiran Raja Ram Mohan Roy. Raja yang dikenal luas sebagai Bapak India Modern. 

Dia lahir pada 22 Mei 1772 di desa Radhanagar, distrik Murshidabad, Benggala Barat, India. Saat lahir, dia bernama Ramkanto Roy dan tumbuh menjadi seorang sarjana hebat. 

Ia terkenal lantaran berupaya untuk menghapus tradisi sati (tradisi praktik pemakaman religius di India, di mana perempuan yang baru saja menjadi janda secara sukarela atau dipaksa untuk membakar dirinya di atas tumpukan kayu api upacara kremasi suaminya), dan pernikahan anak. 

Bapak Renaisans India, Roy dianugerahi gelar Raja oleh Akbar II, Kaisar Mughal. Berikut fakta-fakta penting yang perlu diketahui tentang Raja Ram Mohan Roy dilansir dari New 18 Lifestyle.

1. Pendidikan
Setelah menyelesaikan pendidikan formalnya di desa Pathshala, ia belajar bahasa Persia dan Arab di sebuah madrasah di Patna, Bihar. Kemudian, dia dikirim ke Benares (Kashi/Varanasai) untuk mempelajari seluk-beluk kitab suci Sanskerta dan Hindu, termasuk Weda dan Upanishad.

2. Organisasi 
Roy membentuk Atmiya Sabha (Asosiasi Persahabatan) untuk menerjemahkan Upanishad dan mendiskusikannya. Diskusi di antara anggota asosiasi tentang teologi mengarah pada pembentukan Brahmo Samaj pada tahun 1828 dengan Debendranath Tagore untuk mereformasi agama Hindu. Sejak usia muda, Roy menentang praktik penyembahan berhala, takhayul, keyakinan buta, dan ilmu hitam.

 

1
/
2