6 Film tentang Gambaran Dunia Metaverse yang Seru Ditonton

Ajeng Wirachmi
Rabu 29 Desember 2021 17:01 WIB
6 Film tentang Gambaran Dunia Metaverse yang Seru Ditonton
The Matrix adalah film metaverse bersekuel yang pertama kali dirilis pada 1999. (Foto: ScreenRant)

JAKARTA, celebrities.id - Film tentang gambaran dunai Metaverse sudah banyak beredar. Metaverse disebut sebagai teknologi virtual yang mampu menghubungkan manusia di ruang digital. Bahkan, Metaverse memungkinkan seseorang untuk melakukan beragam kegiatannya di dunia virtual. 

Berikut daftar 6 film tentang gambaran dunai Metaverse yang wajib ditonton. Yuk simak!

1. Ready Player One 

Film yang dirilis pada 2018 besutan sutradara Steven Spielberg ini memiliki cerita yang unik. Dunia virtual bernama OASIS menjadi satu-satunya tempat yang dirasa sangat nyaman. Sebab, kondisi dunia nyata di tahun 2045 tergolong tidak nyaman dan keras. 
Di OASIS, setiap orang dapat pergi ke mana saja, melakukan apa saja, dan menjadi siapa saja. Satu-satunya batasan yang ada adalah keinginan individu itu sendiri. 

Dunia virtual baru atau OASIS ini diciptakan oleh Jim Halliday (diperankan oleh Mark Rylance), seorang sosok yang sangat jenius. Film ini disebut menyindir orang-orang di luar sana yang senang dengan hadir dan berkembangnya ruang digital. 

Satu pesan yang sangat baik diambil dari film ini adalah sosok seseorang di dunia nyata jauh lebih penting dibandingkan karakter mereka di dunia maya. Sehebat apapun avatar seseorang di OASIS, tidak akan membantu banyak dalam dunia aslinya. 

2. Blade Runner 2049 

Film tentang gambaran dunai Metaverse selanjutnya adalah Blade Runner 2049. Sekuel film Blade Runner (1982) yaitu Blade Runner 2049, dirilis pada 2017, setelah 35 tahun film pertamanya tayang. Film yang disutradarai Dennis Villeneuve ini menggambarkan dunia yang dipenuhi oleh replicants, atau manusia dengan rekayasa genetik. 

Pada 2049 terjadi pemadaman di bumi. Perusahaan besar bernama Tyrell Corporation menghentikan produksi replikannya karena bangkrut. Sementara itu, hadirlah perusahaan besar lainnya bernama Wallace Corporation yang menciptakan replikan baru yang lebih baik dan penurut. Salah satu replikan yang diciptakan Wallace adalah detektif KD6-3.7 atau K (diperankan oleh Ryan Gosling). K mendapatkan tugas dan perintah untuk mencari replikan lama dan memusnahkannya. 

3. Tron: Legacy 

Petualangan tokoh dalam dunia virtual juga dikisahkan dalam film Tron: Legacy, karya sutradara Joseph Kosinski yang hadir di tahun 2010. Tron: Legacy mengisahkan tentang seorang pemimpin ENCOM International, Kevin Flynn (diperankan oleh Jeff Bridges), yang menghilang tanpa jejak di tahun 1989. ENCOM International merupakan sebuah perusahaan teknologi komputer ternama asal Amerika Serikat (AS). 

Sekitar 20 tahun kemudian, anak Kevin yang bernama Sam (diperankan oleh Garret Hedlund) terlempar ke dunia virtual yang disebut Grid buatan sang ayah. Sam melakukan petualangan serunya di sana, dengan bertarung melawan Rinzler, sebuah program bertopeng.

 

1
/
3