6 Makanan Pencegah Kolesterol saat Makan Daging Kurban, Nomor 3 Teh Hijau

Rizky Pradita Ananda
Selasa 20 Juli 2021 09:50 WIB
Teh hijau dipercaya mengatasi kolesterol saat makan daging kurban. (Foto: celebrities.id/ Instagram ratnasomantri).

JAKARTA, celebrities.id – Waspadai kolesterol saat mengonsumsi daging kurban, apalagi makannya berlebihan. Meski demikian, Anda tak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, kolesterol bisa diturunkan dengan beberapa jenis makanan.

Daging berlemak menjadi salah satu pemicu naiknya level low-density lipoprotein (LDL) atau biasa disebut kolesterol jahat. Tingginya kolesterol jahat akan meningkatkan resiko penyakit jantung hingga stroke.

Dilansir dari Web Md, Selasa (20/7/2021) dokter James Beckerman, MD, FACC, ahli penyakit jantung di Providence Heart and Vascular Institute, St. Vincent Medical Center menyebut makanan yang bisa menurunkan kolesterol. Berikut ulasannya.

1. Dark chocolate
Dark chocolate mengandung flavonoid, yakni antioksidan yang membantu menurunkan kadar LDL. Tapi ingat, cukup dimakan dalam jumlah sedang, karena cokelat juga tinggi lemak jenuh dan gula.

2. Alpukat
Alpukat memiliki kandungan asam oleat yang membantu menurunkan kolesterol jahat dalam aliran darah. Selain bisa ditambahkan bersama sayur-sayuran dalam hidangan salad. Bisa juga mengonsumsinya dalam bentuk minyak alpukat, yang memiliki rasa manis yang halus sekaligus berfungsi sebagai pengganti minyak yang lebih sehat.

 

1
/
2