6 Manfaat Cokelat Hitam, Bisa Meningkatkan Energi dan Menurunkan Berat Badan

Ratu Syra Quirinno
Minggu 02 Mei 2021 08:30 WIB
Cokelat bisa meningkatkan energi dan menurunkan berat badan. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities. id - Kabar baik bagi mereka yang menyukai makanan manis. Rupanya, makan cokelat hitam bisa menyehatkan lho. Anda akhirnya bisa menikmati camilan favorit Anda tanpa rasa bersalah.

Sebaiknya yang dikonsumsi jenis cokelat hitam, karena persentase kakaonya tinggi. Anda akan lebih sehat jika makan secukupnya, hanya satu atau dua potong sehari.

Dikutip dari Realbuzz, Minggu (2/5/2021), berikut manfaat kesehatan yang dapat Anda nikmati dari makan cokelat hitam.

1. Membantu menurunkan berat badan

Cokelat tidak harus menjadi alasan kenaikan berat badan, menurut ahli saraf Will Clower. Dalam bukunya Eat Chocolate, Lose Weight, dia menjelaskan bagaimana makan sepotong dark chocolate 20 menit sebelum dan lima menit setelah makan dapat mengurangi nafsu makan Anda hingga 50 persen.

Menurut Clower, ini karena cokelat memicu hormon yang memberi tahu otak Anda "Saya kenyang." Namun, ingatlah bahwa ini hanya berlaku untuk dark chocolate yang kaya akan kakao.

2. Memberi kekuatan otak

Berkat kandungan flavanol pada cokelat akan membantu meningkatkan aliran darah ke otak, Coklat hitam merupakan makanan otak yang sangat baik, sehingga para peneliti menguji propertinya dengan pasien Alzheimer.

Dalam uji coba yang diterbitkan oleh Nature Neuroscience, ditemukan bahwa "intervensi flavanol tinggi ditemukan untuk meningkatkan fungsi dentate gyrus (DG)" - DG menjadi wilayah otak di mana "fungsi menurun sehubungan dengan penuaan manusia”. Meskipun penelitian tersebut menjelaskan flavanol memiliki potensi untuk membantu penderita Alzheimer, namun flavanol tidak dapat mencegah penyakit sepenuhnya.

3. Membuat kulit cantik

Flavonoid bekerja juga pada kulit Anda, bertindak sebagai filter untuk sinar UV yang berbahaya dan melindungi Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Diketahui juga, cokelat hitam adalah pereda stres yang hebat, yang juga membantu menjaga kulit tetap muda, segar, dan bebas kerutan.

 

1
/
2