6 Perjalanan Kereta Api Sempat Terganggu, PT KAI Pastikan Jalur Cianjur Aman Dilalui 

Icon CameraArif Budianto
Senin 21 November 2022 16:54 WIB
6 Perjalanan Kereta Api Sempat Terganggu, PT KAI Pastikan Jalur Cianjur Aman Dilalui 
Perjalanan kereta ke Cianjur aman terkendali paska gempa. (Foto: celebrities.id/KAI)

BANDUNG, celebrities.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop II Bandung memastikan tidak ada rel atau pensinyalan yang rusak akibat gempa bumi yang melanda Sukabumi dan Cianjur pada Senin (21/11/2022). 

"Untuk prasarana jalan KA alhamdulillah tidak ada kerusakan dan semuanya aman. Saat ini, perjalanan sudah kembali normal," kata Humas PT KAI Daop II Bandung Kuswardoyo. 

Menurut dia, sebanyak enam kereta api sempat tersendat akibat gempa tersebut. Kereta tertahan antara 5 hingga 25 menit. Keenamnya adalah KA Lodaya dihentikan di stasiun Indihiang, KA Pasundan dihentikan di Ciamis, KA Kutojaya Selatan  dihentikan di Banjar, KA Serayu dihentikan di Kiaracondong, KA Ciremai dihentikan di Purwakarta, dan KA Siliwangi dihentikan di Ciranjang.

"Jadi kami selalu menghentikan perjalanan kereta api apabila diterima informasi adanya gempa yang dirasakan di sekitar jalur Kereta Api. Kami akan berkoordinasi dengan semua petugas di lapangan baik itu di atas KA ataupun di stasiun terkait kondisi gempa yang dirasakan, setelah itu kami akan hentikan semua perjalanan KA di sejumlah daerah yang merasakan dampak  gempa tersebut," kata dia. 

Selanjutnya tim akan memeriksa semua prasarana KA yang ada dan terutama yang dilalui oleh perjalanan KA. Hal ini untuk memastikan keselamatan KA yang melintasi lokasi yang terdampak gempa tersebut.

"Jika sudah dipastikan prasarana KA aman, maka perjalanan KA dapat dilanjutkan kembali, " katanya. 

Di Cianjur, hanya stasiun yang mengalami kerusakan di beberapa bagian. Namun tidak mengganggu perjalanan KA.

Editor : Hadits Abdillah