6 Tips Aman Mengemudi Mobil saat Musim Hujan, Nyalakan Fungsi Defogger

Bertold Ananda
Sabtu 08 Januari 2022 13:57 WIB
6 Tips Aman Mengemudi Mobil saat Musim Hujan, Nyalakan Fungsi Defogger
Berkendara dengan menggunakan mobil saat musim hujan tentu membutuhkan perhatian yang extra. (celebrities.id/Okezone)

JAKARTA, celebrities.id - Berkendara dengan menggunakan mobil saat musim hujan tentu membutuhkan perhatian yang extra. Pasalnya hujan tidak hanya menggangu pandangan saja tetapi juga mempersulit saat bermanuver karena jalan yang licin tergenang oleh air.

Jika tidak hati-hati maka bisa menyebabkan kecelakaan. Dikutip dari Nissan, Sabtu (08/01/2022) berikut tips aman berkendara dengan mobil saat memasuki musim penghujan.

1.  Cek kondisi karet wiper

Wiper memiliki peran penting tentunya pada saat kondisi musim hujan tiba. Pasalnya parts ini akan menyapu air pada kaca depan yang menggangu pengelihatan. Namun seiring pemakaian fungsi wiper akan berkurang kualitasnya. 

Hal itu disebabkan karena karet wiper yang sudah keras. Maka dari itu bila digunakan saat hujan maka daya sapu airnya akan tidak maksimal. Alangkah baiknya bila mengganti komponen wiper dengan yang baru untuk meningkatkan daya pandang yang optimal saat turun hujan.

2.  Periksa tekanan ban

Hal ini wajib menjadi perhatian Anda ketika menggunakan mobil saat musim hujan. Sebab jika ban terlalu kempis atau tekanan terlalu keras maka akan mengurangi daya traksi ban pada aspal jalan. Maka dari itu pentingnya untuk menjaga tekanan ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

3.  Perhatikan volume air wiper

Selain wiper, fungsi air yang terdapat pada tabung resevoir juga tak kalah penting. Volume air yang tercukupi dapat membantu Anda untuk membersihkan kaca secara maksimal dengan bantuan air bersih. Sewaktu-waktu persediaan air pada tabung tersebut juga dapat digunakan untuk membersihkan sis-sisa air hujan yang mengering dan membekas.

 

1
/
2