6 Tips Merawat Aki Kering agar Tak Cepat Tekor, Nomor 2 Rutin Panaskan Mesin

Bertold Ananda
Minggu 05 September 2021 18:17 WIB
6 Tips Merawat Aki Kering agar Tak Cepat Tekor, Nomor 2 Rutin Panaskan Mesin
Accu atau lazim disebut aki merupakan komponen yang penting bagi kendaraan bermobil. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Accu atau lazim disebut aki merupakan komponen yang penting bagi kendaraan bermobil. Pasalnya, komponen ini berfungsi untuk memberikan arus dan daya listrik pada kendaraan seperti menghidupkan kendaraan, menggunakan AC, lampu serta entertainment audio pada mobil Anda.

Karena itu, aki perlu dijaga ketahanannya supaya berfungsi secara maksimal. Terutama pada aki kering yang sering disepelekan banyak orang. Lantaran banyak persepsi yang mengatakan bahwa aki kering minim perawatan dan tinggal pakai saja.

Memang ada benarnya karena aki kering tidak perlu pengisian ulang elektrolit secara berkala berbeda dengan aki basah. Namun, rasanya itu kurang tepat mengingat ketahanan suatu komponen tetap didasari pada pemakaian dan perawatan yang ciamik. Maka dari itu aki kering tentunya juga butuh perawatan supaya terjaga kualitas dan ketahanannya.

Berikut ini dirangkum dari laman resmi Auto2000, Minggu (5/9/2021), 5 tips merawat aki kering dengan mudah dan murah.

1. Sering untuk membersihkan permukaan aki

Jangan malas untuk membersihkan kendaraan Anda, termasuk komponen dan permukaan aki. Kotoran yang terdapat pada katup aki pastinya akan menyumbatan sehingga proses penguapan aki akan terganggu. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan aki supaya arus daya yang dihasilkan maksimal.

 

1
/
2