639 Kendaraan Terjaring Crowd Free Night, Ditilang dan Dipaksa Dorong Motor

Carlos Roy Fajarta
Minggu 12 September 2021 08:12 WIB
639 Kendaraan Terjaring Crowd Free Night, Ditilang dan Dipaksa Dorong Motor
Sejumlah pemuda terjaring Operasi Crowd Free Night mendorong sepeda motornya di dekat Patung Pemuda Membangun, Jakarta Selatan, Minggu (12/9/2021). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, celebrities.id - Puluhan pesepeda motor terjaring program pembatasan mobilitas Crowd Free Night (CFN). Mereka dipaksa mendorong kendaraannya dikawal oleh pihak kepolisian dan TNI.

Dalam video yang diunggah di media sosial, tampak sejumlah pemuda mendorong sepeda motornya berjalan menuju arah Patung Pemuda Membangun di Bundaran Senayan Kebayoran Baru Jakarta Selatan pada Minggu (12/9/2021) dini hari.

Para pemuda tersebut tampak mendorong sepeda motornya yang beragam jenis dari motor sport, matik, bebek. Bahkan ada juga seorang perempuan yang merupakan pasangan muda-mudi ikut terjaring dalam program Crowd Free Night tersebut.

"Coba terus dipantau anak-anak muda yang masih suka nongkrong di situ," ujar salah satu petugas menggunakan alat komunikasi Handy Talky (HT).

Kemudian para pemuda tersebut dikumpulkan untuk ditindak khususnya kepada mereka yang menggunakan knalpot bising.

"Penindakan terhadap pesepeda motor yang menggunakan knalpot bising," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Ketika dikonfirmasi apakah program tersebut merupakan bagian dari Crowd Free Night, Sambodo membenarkan hal tersebut. "Iya benar," kata Sambodo Purnomo Yogo. 

Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebutkan ada 639 kendaraan yang terjaring operasi Crowd Free Night oleh petugas kepolisian pada Sabtu (11/9/2021) malam hingga Minggu (12/9/2021) dini hari.

"Kami melakukan penindakan kepada kurang lebih ada 639 kendaraan yang kami tilang baik oleh Polda maupun Polres jajaran," ujar Sambodo Purnomo Yogo.

Pelaksanaan penindakan Crowd Free Night itu dipusatkan di empat lokasi yakni Jalan Sudirman-Thamrin, Kemang, Asia Afrika, dan SCBD. Selain itu adapula patroli skala besar yang dilakukan untuk memantau kerumunan.

"Sejumlah kafe di Jakarta Timur yang masih buka dilakukan penindakan oleh Satpol PP dengan didampingi oleh TNI dan Polri dalam patroli skala besar," kata Sambodo.

Menurut Sambodo, masih banyak kerumunan yang didominasi anak muda di sejumlah lokasi di Jakarta. "Ruas jalan yang masih banyak menimbulkan berkerumun bisa saja nanti kami perluas untuk pelaksanaan CFN," tutur Sambodo.

Sebagaimana diketahui, Polda Metro Jaya memberlakukan Crowd Free Night setiap akhir pekan selama PPKM berlangsung di mana pengendara tidak boleh melintas di titik-titik dan jam tertentu.

Editor : Mohammad Saifulloh