7 Adab Mencari Ilmu dalam Islam, Utamakan Niat kepada Allah SWT

Intan Afika Nuur Aziizah
Minggu 05 September 2021 16:16 WIB
7 Adab Mencari Ilmu dalam Islam, Utamakan Niat kepada Allah SWT
Adab mencari ilmu berdasarkan ajaran agama Islam. (Foto: celebrities.id/Inin Nastain)

JAKARTA, celebrities.id - Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi umat muslim. Sebab, agama Islam dibangun atas dasar ilmu. Hal ini sesuai sabda Rasulullah SAW.

"Carilah ilmu, walaupun di antara kamu dan ilmu terpisah lautan api. Sabdanya: Tuntutlah ilmu dari buaian sampai liang lahat (Artinya menuntut ilmu hukumnya fardhu di setiap waktu dan kesempatan)," kata Aa Gym dalam sebuah video yang dirangkum pada Minggu (5/9/2021).

Aa Gym juga menjelaskan bahwa terdapat tujuh adab mencari ilmu. Apa saja? Berikut ulasannya seperti yang telah dirangkum.

1. Niat karena Allah

Ilmu akan membawa keberkahan jika diniatkan untuk mengabdi kepada Allah SWT. Aa Gym mengatakan bahwa hanya satu yang perlu dijadikan cita-cita.

"Hanya satu yang perlu dijadikan cita-cita. Dengan ilmu kita mengenal Allah, dengan ilmu kita mengenal jalan yang Allah sukai dan tidak Allah sukai. Dengan ilmu Insya Allah kita menjadi orang yang dicintai Allah SWT," ujar AA Gym dalam Youtube AA Gym Daily Vlog yang diunggah pada 21 September 2020.

2. Doa

Berdoa adalah hal yang sangat penting. Meminta kepada Allah SWT berarti kita benar-benar mengandalkan Allah SWT. Karena sesungguhnya seluruh ilmu adalah milik Allah SWT dan ilmu bisa kita pahami hanya atas izin dari Allah SWT. Doa yang paling ringkas mencari ilmu dalam Alquran adalah:

"Robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-shoolihiin

Artinya: "Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman, Dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang shaleh."

 

1
/
2