7 Aplikasi Cari Jodoh Terpercaya, Paling Update untuk Jomblo

Dinda Maria
Senin 06 Desember 2021 12:28 WIB
7 Aplikasi Cari Jodoh Terpercaya, Paling Update untuk Jomblo
Tinder jadi satu dari deretan aplikasi cari jodoh tepercaya. (Foto: celebritiesid/popularworld)

JAKARTA, celebrities.id - Aplikasi cari jodoh kini sedang digemari para pemuda pemudi untuk mencoba peruntungan mereka di dunia percintaan. Jodoh merupakan sesuatu yang tidak akan diketahui kapan, di mana dan siapa yang bisa bersama kita. 

Dalam prosesnya, banyak orang yang bertemu jodohnya di tempat kerja, sekolah, kenalan dari orang terdekat, tempat umum. Seiring perkembangan teknologi, sekarang kita juga bisa mendapatkan jodoh dari sebuah aplikasi.

Berikut ini kami rangkum beberapa aplikasi cari jodoh tepercaya dan paling digemari para jomblo, dikutip dari berbagai sumber, Senin (6/12/2021).

1. Badoo

Aplikasi Badoo merupakan aplikasi pencarian jodoh yang sudah ada sejak tahun 2012. Dengan aplikasi ini kamu bisa mendapatkan teman baru atau teman kencan sesuai dengan apa yang kamu kriteriakan. 

Aplikasi Badoo sendiri merupakan aplikasi yang tidak harus meminta izin terlebih dahulu untuk mengenal orang-orang yang ingin kamu jadikan teman.

Dan untuk keamanannya sendiri dalam aplikasi badoo kamu hanya bisa mengunggah foto-foto yang layak dan sesuai dengan ketentuan aplikasinya.

2. Bumble

Bumble adalah aplikasi yang memberikan kesempatan kepada perempuan untuk memulai pembicaraan dengan orang yang sesuai dengan apa yang dia inginkan.

Dan untuk laki-lakinya sendiri juga hanya diberikan waktu selama 24 jam untuk merespon pembicaraan tersebut, jika pembicaraan tersebut tidak direspon setelah 24 jam maka pembicaraan tersebut akan otomatis menghilang.

Aplikasi bumble ini memiliki fitur swipe right yang digunakan saat menyukai orang dan swipe left untuk yang tidak menyukainya, serta fitur match jika keduanya saling menyukai.

3. Tantan

Tantan merupakan aplikasi pencarian jodoh yang berasal dari China dan diperkenalkan pada tahun 2015. Aplikasi yang berbasis Android dan iOS ini dapat diakses oleh orang-orang yang sudah berusia 18 tahun ke atas. Dalam aplikasi tantan sendiri memperlihatkan profile setiap orangnya dibawah foto orang tersebut. 

Selain itu, aplikasi tantan juga bisa membantu kamu untuk mencari teman dekat yang sesuai dengan hobi atau kesukaan kamu. Sehingga kedepannya diharapkan dapat menjalin hubungan yang lebih dekat lagi karena persamaan hobi atau kesukaannya tersebut. 

4. Tinder

Sean Rad dan Justin Mateen mendirikan Tinder pada tahun 2012. Tinder sendiri didanai dan dikembangkan oleh InterActiveCorp (IAC). Sama dengan aplikasi pencarian jodoh lainnya, dalam aplikasi tinder juga terdapat fitur swipe right yang digunakan saat menyukai orang dan swipe left untuk yang tidak menyukainya. 

Dari salah satu sumber dikatakan bahwa jumlah orang yang mengusap fitur pada applikasi tinder ini ada sekitar 350 juta per harinya. Pada aplikasi tinder juga ada  fitur Common Connections yang memungkinkan pengguna dapat melihat kesamaan teman dengan pengguna aplikasi tinder lainnya yang terhubung di Facebook. Selain itu ada juga tombol panik yang dapat digunakan untuk membantu melacak lokasi, atau verifikasi foto.

5. Hawaya

Aplikasi pencarian jodoh hawaya merupakan salah satu aplikasi yang dibuat untuk membantu umat Muslim mendapatkan teman dekatnya. Aplikasi yang dirilis pada tahun 2017 ini ingin membantu perempuan muslim untuk mencari teman atau pasangannya secara aman dan nyaman namun tetap menghormati tradisi dan budaya umat muslimnya tersebut. Aplikasi hayawan sendiri dirilis oleh salah satu pengusaha Mesir yaitu Sameh Saleh.

6. Coffee Meets Bagel 

Dibuat oleh 3 bersaudara yaitu Arum, Dawoon, dan Soo Kang di New York. Coffee Meets Bagel merupakan salah satu aplikasi yang bisa menjadi sebuah alternatif bagi orang-orang yang sudah lelah untuk mencari jodoh yang sesuai dengan kriterianya.

Aplikasi ini bisa digunakan dengan cara sign up dengan akun Facebook, dan setelah terdaftar di aplikasi tersebut kamu sudah bisa menambahkan dan merapikan profil akun kamu sendiri. 

Setelah semua sudah siap, selanjutnya feed yang ada di akun kamu akan menampilkan berbagai macam ‘bagels’, yaitu pengguna aplikasi yang mungkin cocok dengan kriteria kamu. Waktu yang bisa digunakan untuk memilih orang yang disukai sendiri yaitu 24 jam. 

Dalam aplikasi pencarian jodoh Coffee Meets Bagel ini lebih menekankan kecocokan (matches) antara kedua orang itu dilihat dari kualitasnya bukan  kuantitasnya.

7. OkCupid

OkCupid dirilis pada tahun 2004 dan merupakan salah satu aplikasi pencarian jodoh yang paling lama beroperasi. Dalam aplikasi ini pengguna yang masih baru atau ingin mendaftar bisa daftarkan diri kamu hanya dengan memasukan username dan email. 

Aplikasi ini menjelaskan penggunanya secara rinci sehingga akan memberikan rasa aman kepada orang-orang yang masih ragu dalam melakukan pendekatan secara online.

Itulah deretan aplikasi cari jodoh terpercaya yang bisa kamu coba dan mungkin menjadi pilihan kamu untuk mencari jodoh yang sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan.

Semoga dengan ini bisa membantu kamu untuk lebih semangat lagi untuk mencari jodoh yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan tanpa harus mencarinya jauh-jauh.

Editor : Dhita Seftiawan