7 Bahaya Kulit Kering, Salah Satunya Bisa Jerawatan Mendadak!

Icon CameraMNC Media
Kamis 19 Januari 2023 15:00 WIB
7 Bahaya Kulit Kering, Salah Satunya Bisa Jerawatan Mendadak!
Bahaya kulit kering. (Foto: MNC)

JAKARTA, celebrities.id - Banyak faktor yang dapat membuat kulit menjadi kering. Seperti polusi udara, paparan sinar UV, berada di ruangan ber-AC sepanjang hari, hingga dehidrasi tubuh akibat kurangnya konsumsi air putih.

Selain itu, masih banyak juga dari kita yang enggan melakukan perawatan kulit seperti menggunakan face mist, setting spray, primer maupun serum. Bagi mereka, menutupi kekurangan kulit dengan makeup saja sudah cukup. Padahal kita membutuhkan perawatan yang lebih jauh dari itu.

Berikut adalah bahaya kulit kering jika tidak diberikan penanganan segera!

Bahaya kulit kering

Bahaya kulit kering. (Foto: MNC)
Bahaya kulit kering. (Foto: MNC)

Kulit terlihat kusam dan kasar

Kulit kering dapat menyebabkan penampilan jadi kurang menarik karena teksturnya yang cenderung kaku dan tidak kenyal. Akibatnya, kulit menjadi tidak tampak sehat, seperti terlihat kusam dan kasar.

Terlihat lebih cepat tua

Kulit kering dapat membuat seseorang menjadi terlihat lebih tua. Ini terjadi karena pada saat kulit kering, garis-garis halus di kulit menjadi lebih kentara sehingga mudah keriput dan kerut. Ini karena kulit kehilangan sifat kekenyalannya.

Mudah alergi

Karena kering, kemampuan perlindungan kulit menurun sehingga kulit lebih rentan dan sensitif terhadap zat penyebab alergi, tak hanya pada bahan kosmetik atau skincare, namun juga debu dan lingkungan sekitar.

Lebih mudah terserang penyakit

Kulit kering lebih rentan terhadap kuman dan penyakit lainnya. Karena, pada kulit yang kering terdapat mikrolesi yang dapat menjadi pintu masuk bagi kuman. Akibatnya dapat meningkatkan risiko infeksi pada kulit.

Rapuh, mudah luka, dan lecet

Kulit kering bersifat rapuh dan mudah luka atau lecet. Gesekan atau benturan ringan saja dapat menyebabkan luka. Sedangkan pada kulit lembap, kulit dapat berfungsi sebagai bantalan yang melindungi terhadap gesekan maupun benturan.

Gatal dan infeksi

Kulit kering juga dapat menyebabkan rasa gatal. Hal ini disebabkan karena kulit yang kering mencetuskan reaksi peradangan pada kulit. Meskipun pada awalnya peradangan ini bersifat ringan, namun akibat garukan reaksi peradangan kulit biasanya menjadi semakin hebat dan menimbulkan rasa gatal yang lebih kuat dan akhirnya luka akibat garukan.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2