7 Buah Paling Cocok untuk Penderita Diabetes, Pisang hingga Persik

Syifa Fauziah
Selasa 02 Agustus 2022 19:36 WIB
7 Buah Paling Cocok untuk Penderita Diabetes, Pisang hingga Persik
Buah Paling Cocok untuk Penderita Diabetes, Pisang hingga Persik. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Diabetes merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Bila tidak terkontrol, penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi dan menyerang organ penting lain seperti otak, mata, otak, gagal jantung, hingga gagal ginjal.

Para penderita diabetes dianjurkan mengatur pola makan, termasuk asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Bagi Anda yang sering makan coklat atau es krim untuk camilan, para penderita diabetes bisa menggantinya dengan buah.

Ahli diet Farah Z. Khan, RD, yang juga pelatih kesehatan dan kebugaran mengatakan banyak pasiennya yang takut mengonsumsi buah karena di dalamnya mengandung gula.

Namun Khan mengatakan penderita diabetes justru diperbolehkan makan buah. Menurutnya fruktosa dan glukosa alami yang ditemukan dalam buah sangat berbeda dari gula tambahan yang ditemukan dalam permen, es krim, kue, dan minuman ringan.

“Buah menyediakan vitamin dan mineral penting, dan juga memiliki serat di dalamnya yang menunda seberapa cepat makanan akan dicerna, sehingga glukosa akan memasuki aliran darah Anda lebih lambat," ujar Khan seperti dikutip dari Good House Keeping, Selasa (2/8/2022).

Khan menyarankan untuk mengonsumsi buah utuh, karena buah kering atau buah kalengan biasanya mengandung gula tambahan. Selain itu juga konsumsi buah seperempat piring setiap hari. Lantas buah apa saja yah yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes? Berikut ulasannya.

1. Pisang

Pisang buah yang bagus untuk penderita diabetes. Namun saat membeli pisang sebaiknya beli yang setengah matang. Karena bila pisang matang kandungan gulanya akan meningkat.

2. Jeruk

Selanjutnya adalah jeruk buah yang kaya akan vitamin C dan serat dalam ukuran sedang. Di dalam jeruk terdapat indeks glikemik yang cukup rendah, yaitu 55. Buah ini dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit kronis.

3. Blackberries

Di dalam blackberries terdapat kandungan antioksidan yang bagus untuk penderita diabetes. Selain itu buah ini juga mengandung serat dua kali lipat dari stroberi sehingga bagus untuk membuat kenyang lebih tahan lama.

 

1
/
2