7 Cara Atasi Takut Naik Pesawat, Nomor 4 Paling Ampuh

Melati Pratiwi
Rabu 12 Januari 2022 12:26 WIB
7 Cara Atasi Takut Naik Pesawat, Nomor 4 Paling Ampuh
Cara Atasi Takut Naik Pesawat. (Foto: BBC)

JAKARTA, celebrities.id - Tak semua orang nyaman ketika harus bepergian menggunakan pesawat terbang, bahkan sebagian mungkin merasakan kecemasan tersendiri.

Hal ini diungkapkan seorang psikolog bernama Dr. Rebecca Hoffenberg. Melansir dari Travelandleisure Dr. Rebecca mengatakan bagi mereka yang bisa berpikir logis dan rasional, pesawat adalah moda transportasi yang aman untuk ditumpangi. Namun tetap saja, ada sebagian orang yang memiliki masalah terhadap penerbangan.

"Masalahnya adalah tubuh mereka telah membentuk pola respons di mana pesawat telah dikaitkan dengan kecemasan," ujar Rebecca, dikutip Travelandleisure, Rabu (12/1/2022).

Lantas bagaimana seseorang bisa mengurangi kecemasan ketika harus menumpangi pesawat? Berikut tips yang bisa diterapkan.

1. Memahami tentang Turbulensi

Turbulensi sebenarnya tak lebih dari arus angin miring yang menyebabkan pesawat sedikit bergoyang. Tak perlu khawatir, pesawat tentunya sudah dirancang khusus dalam menangani maupun meminimaslisir terjadinya turbulensi.

Menurut travelandleisure, akhir-kahir ini ada teknologi yang digunakan untuk memprediksi area turbulensi. Hal ini memungkinkan pilot dapat menghindari dan membuat perjalanan Anda semulus mungkin.

2. Pelajari Fitur Keselamatan Pesawat

Perlu diingat, pesawat dirancang pula untuk menghadapi keadaan darurat. Jadi, pelajari terlebih dahulu fitur keselamatan pesawat, agar ketika menghadapi hal tak terduga, kekhawatiran itupun akan berkurang.

Ada baiknya juga untuk memahami sirkulasi udara di pesawat. Hal ini berlaku bagi yang takut akan tertular virus Covid-19 selama berada dalam penerbangan.

Udara segar terus dipompa ke dalam pesawat dan setiap udara daur ulang didorong melalui filter HEPA yang menghilangkan 99,9 persen kotoran, termasuk bakteri dan virus. Selain itu, udara di kabin biasanya mengalir dari langit-langit ke lantai, bukan dari depan ke belakang, sehingga kontaminan biasanya tidak berputar-putar.

Ketika penumpang di sebelah tidak bersih kemungkinan akan tertular, namun itulah fungsi penggunaan masker. Jangan lepaskan masker jika ingin lebih aman.

3. Komunikasi dengan Pramugari

Pramugari di pesawat berfungsi untuk melayani kebutuhan penumpang. Mereka juga dilatih menangani berbagai insiden kesehatan yang mungkin bisa terjadi di dalam pesawat seperti hiperventilasi muapun pingsan. Utarakan kepada Pramugari jika merasa ada ketidaknyamanan.

 

1
/
2