7 Cara Merawat Kulit usai Chemical Peeling, Perhatikan Nomor 1 dan 4

Laras Dwi Sasmita
Minggu 21 November 2021 16:48 WIB
7 Cara Merawat Kulit usai Chemical Peeling, Perhatikan Nomor 1 dan 4
Cara Merawat Kulit usai Chemical Peeling. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Chemical peeling atau pengelupasan kimia dapat membantu mengubah kulit yang rusak akibat sinar matahari menjadi kulit yang lebih sehat dan bercahaya. Akan tetapi, penting untuk merawat wajah dalam proses penyembuhan agar membantu kulit bangkit kembali dan memaksimalkan manfaat pengelupasan kulit. 

Chemical peeling adalah cara terbaik untuk meremajakan kulit. Dengan menghilangkan lapisan permukaan terluar kulit, peeling dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, perubahan warna, kerusakan akibat sinar matahari, dan jaringan parut pasca-jerawat. 

Pengelupasan kimia dapat bervariasi dalam intensitas. Melansir dari skinsprit, Minggu (21/11/2021), berikut tujuh cara merawat kulit setelah chemical peeling agar terhindar dari rasa tidak nyaman, menjaga kesehatan kulit secara optimal dan melihat hasil yang terbaik.

1. Jangan Sentuh Wajah dengan Tangan Langsung

Tujuan utama dari chemical peeling adalah untuk mengangkat dan mengelupas sel-sel kulit yang rusak, memperlihatkan kulit yang sehat dan bercahaya pada lapisan bawah kulit. Saat kulit mati mulai mengelupas, hindari untuk menyentuh, memetik, atau menggaruknya dengan jari. Biarkan kulit mati terkelupas secara alami dan jangan mengelupas kulit dengan jari sendiri. Pasalnya saat menggunakan jari untuk mengangkat kulit mati dapat menyebabkan kemungkinan jaringan parut atau membuat hasil kulit menjadi tidak halus.

2. Ikat Rambut

Menarik rambut ke belakang dari wajah dengan mengikat rambut dapat membantu mencegah rambut menyentuh kulit dan juga mencegah timbulnya jerawat. Sangat penting untuk membiarkan kulit melalui proses pengelupasan alami, tanpa sengaja menyentuh kulit terlebih saat menyisir rambut. Menyentuh kulit dengan jari dan tangan yang kotor hanya akan menyatukan kulit baru dengan tidak baik dan dapat menyebabkan jerawat. Jika jerawat memang terjadi, jangan obati sendiri! Minta ahli kecantikan merawatnya atau biarkan saja.

3. Pelembab

Setelah menerima chemical peeling, kulit akan menjadi sensitif. Mungkin ada produk tertentu dalam rutinitas perawatan kulit normal yang harus dihindari, karena mungkin mengandung bahan aktif dan iritasi. Satu-satunya dua produk yang wajib digunakan pada kulit selama proses pengelupasan adalah tabir surya dan cukup pelembab (netral). Kulit yang terasa kering adalah bagian dari proses pengelupasan dan pelembab dapat menjadi alternatif untuk membuat kulit terasa lebih nyaman. 

Disarankan menggunakan sedikit atau tanpa pelembab selama beberapa hari pertama setelah perawatan. Dalam beberapa kasus, akan ada pelembab pasca perawatan khusus yang diberikan pada saat perawatan, yang aman digunakan. Saat mengoleskan pelembab ke kulit, berhati-hatilah juga untuk tidak menggosoknya. Oleskan pelembab tipis-tipis ke seluruh kulit beberapa kali sepanjang hari, sesuai kebutuhan. 

 

1
/
2