7 Fakta Gunung Semeru yang Mendunia, Punya Air Terjun Indah dan Tanjakan Cinta

Novie Fauziah
Minggu 05 Desember 2021 15:31 WIB
7 Fakta Gunung Semeru yang Mendunia, Punya Air Terjun Indah dan Tanjakan Cinta
Fakta Gunung Semeru mendunia. (Foto: Instagram @dolansemeru/@bangjipn)

LUMAJANG, celebrities.id - Gunung Semeru jadi perbincangan, pasalnya Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini meletus dan mengeluarkan material vulkanik. Di balik itu, ada beberapa fakta yang membuat Gunung Semeru dikenal hingga mendunia.

Gunung Semeru populer dengan nama Mahameru merupakan gunung berapi aktif berada di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang, Jawa Timur. Kini sedang menunjukkan erupsi sejak Sabtu 4 Desember 2021.

Di balik erupsinya itu, Gunung Semeru menjadi salah satu gunung berapi paling terkenal di Indonesia. Bukan hanya pendaki saja, para wisatawan lokal maupun mancanegara juga sangat terkagum-kagum dengan keindahannya.

"Walau saya belum sanggup mendaki. Tapi saya kagum sama Gunung Semeru, meski harus lihat dari kejauhan. Prihatin juga sekarang Mahameru tiba-tiba erupsi," kata Epy salah satu warga Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/12/21).

Nah berikut ini fakta-fakta mengapa Mahameru menjadi salah satu gunung paling populer di Indonesia, seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Puncak Tertinggi di Pulau Jawa

Puncak Mahameru mencapai 3.676 meter dari permukaan laut (MDPL). Gunung ini terbentuk akibat subduksi Lempeng Indo-Australia kebawah Lempeng Eurasia. 

Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Provinsi Jambi dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat (NTB).

2. Keindahan Desa Ranu Pani

Desa Ranu Pani merupakan titik awal pendakian ke Gunung Semeru. Desa ini merupakan Desa tertinggi yang berada di ketinggian 2.100 MDPL dan desa ini merupakan desa terakhir sebelum mencapai Semeru. Karena alamnya yang indah dan masyarakat Suku Tengger yang sangat ramah, desa ini menjadi daya tarik bagi para pendaki.

Suku ini merupakan keturunan asli masyarakat Jawa yang hidup di era Kerajaan Majapahit. Setiap tahunnya, masyarakat asli suku ini selalu menggelar kegiatan bersih desa dan ritual unan-unan yang dipimpin oleh dukun adat.

3. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo merupakan danau cantik yang sangat terkenal di Gunung Semeru. Pesonanya dapat membuat Anda tidak berhenti terkagum-kagum. 

Danau cantik ini berada di ketinggian 2.389 MDPL dan merupakan ikon Gunung Semeru. Luasnya mencapai 15 hektare. Para pendaki biasanya akan singgah dan bermalam di danau yang sangat menawan ini sebelum melanjutkan pendakian untuk melihat matahari terbit yang tampak dari balik bukit.

 

1
/
2