7 Fakta Menarik Danau Tolire, Keindahan Alamnya Sangat Memukau

Zahrah Hana Afifah
Jumat 05 Agustus 2022 18:09 WIB
7 Fakta Menarik Danau Tolire, Keindahan Alamnya Sangat Memukau
Fakta Danau Tolire. (Foto: celebrities.id/Instagram)

JAKARTA, celebrities.id - Fakta Danau Tolire menarik untuk diketahui. Danau yang terletak sekitar 10 Km dari pusat kota Ternate, Maluku Utara ini memiliki pemandangan yang unik, namun penuh misteri.

Berada di kaki Gunung Gamalama yang merupakan gunung tertinggi di Maluku Utara, Danau Tolire kini menjadi sorotan publik lantaran telah memakan korban jiwa. Dilaporkan remaja berusia 15 tahun tewas diterkam seekor buaya saat memancing di danau tersebut.

Lantas apa saja fakta menarik Danau Tolire? Dikutip dari berbagai sumber pada Jumat (5/8/2022), celebrities.id telah merangkumnya untuk anda.

Fakta Menarik Danau Tolire

1. Terdapat Dua Danau

Rupanya Danau Tolire memiliki dua danau, yaitu Danau Tolire Kecil dan Danau Tolire Besar. Terbentuknya Danau Tolire berdasarkan geologi akibat dari letusan freatik yang pernah terjadi daerah itu. Sementara kedua danau tersebut memiliki keunukannua masing-masing.

2. Kedalaman Danau Tolire

Sampai saat ini kedalaman Danau Tolire masih belum dapat dipastikan meskipun sudah banyak peneliti yang meneliti kedalamannya namun belum ada yang bisa mengukur kedalamanannya. Danau Tolire Besar menyerupai loyang raksasa seluas 5 hektare dan diperkirakan kedalamannya mencapai 50 meter. Namun menurut legenda setempat, kedalaman Danau Tolire Besar mampu mencapai berkilo-kilo meter hingga berhubungan langsung dengan laut.

Sedangkan Danau Tolire Kecil yang jaraknya hanya 200 meter dari Danau Tolire Besar, berjarak 50 meter dari bibir pantai dan kedalamannya tidak terlalu dalam.

3. Terdapat Banyak Ikan

Jika air Danau Tolire Kecil merupakan air payau karena berdekatan dengan pantai. Sementara Danau Tolire Besar airnya adalah air tawar yang terdapat banyak ikan di dalamnya. Namun masyarakat sekita tidak berani memancing di danau tersebut lantaran mereka percaya ada banyak siluman buaya di danau itu.

 

1
/
2