7 Fakta Film Dune, Ternyata Menggunakan Lebih dari 1000 Kostum

Cesar Rivaldo
Rabu 17 November 2021 16:19 WIB
7 Fakta Film Dune, Ternyata Menggunakan Lebih dari 1000 Kostum
Fakta Menarik Film Dune. (Foto: celebrities.id/IG)

Jakarta, celebrities.id - Film Dune, karya Denis Villeneuve memiliki banyak fakta menarik yang wajib kalian ketahui.

Dirilis pada (13/10/2021) lalu, film Dune menceritakan tentang Paul Atreides pewaris tahta kerajaan yang memiliki bakat harus pindah demi kelangsungan masa depan keluarganya ke planet yang paling berbahaya dan banyak terjadi konflik di alam semesta.

Dibintangi oleh beberapa aktor ternama seperti, Timothee Chalamet, Zendaya, Rebecca Ferguson, hingga Jason Momoa film ini memiliki banyak sekali fakta di balik layar pembuatan film karya Denis Villeneuve ini.

Dilansir dari beberapa sumber, Celebrities.id telah merangkum 7 fakta film Dune untuk para celebhitz. Berikut fakta-faktanya;

Membuat lebih dari 1000 kostum

Didesain oleh Jacqueline West dan Bob Morgan untuk membuat lebih dari 1000 kostum untuk film Dune dan terinspirasi dari Mitologi Yunani dan Roman. Kostum ini dirancang untuk menjaga kelembapan pemakainya, dan harus dibuat berdasarkan pemeran langsung dari para aktor, mengingat para aktor berperan secara aktif maka dari itu kostum ini harus fleksibel.

Penampilan Timothee Chalamet membuat sang Sutradara menangis

Pada hari pertama syuting, Denis Villeneuve menangis karena akting dari Timothee Chalamet sebagai Paul Atreides. Sang Sutradara menangis bangga karena dia tidak membuat kesalahan telah memilih Timothee Chalamet sebagai sosok yang tepat untuk film Dune.

Efek CGI yang sedikit

Film Dune merupakan salah satu film bergenre science fiksi yang menggunakan sedikit efek CGI. “Hanya set yang nyata bisa membawa inspirasi sejati,” ucap Denis pada saat wawancara di Festival Film Internasional yang kami kutip dari Screenrant. 

Selain syuting di lokasi yang terkenal ekstrem seperti Yordania, set besar seperti Istana Kaisar di Arrakis dibangun di Budapest. Efek CGI masih digunakan di film Dune seperti adegan cacing raksasa. 

Adaptasi dari Novel terkenal di tahun 1965

Film Dune merupakan adaptasi bagian pertama dari Novel terkenal yang berjudul sama karya Frank Herbert yang dirilis pada tahun 1965. Film bergenre sains fiksi ini juga bertujuan untuk mendorong para penggemar ikut membaca Novel ini.

Karakter Dr.Kynes tidak sama seperti yang di Novel

Salah satu karakter di film Dune yaitu Dr. Kynes yang diperankan oleh Sharon Duncan-Brewster tidaklah sama dengan apa yang di Novel. Di dalam Novel karya Frank Herbert yang rilis pada tahun 1965 itu Dr. Kynes merupakan laki-laki kulit putih, sedangkan di film Dune, Dr. Kynes sosok wanita kulit hitam.

Produksi Desainer menggunakan Google Earth untuk mencari lokasi syuting

Patrice Vermette selaku Produksi Desainer film Dune melakukan cara unik untuk mencari lokasi syuting. Dirinya menggunakan Google Earth untuk mencari lokasi syuting yang berlatar padang pasir untuk planet Arrakis. 

Negara-Negara seperti Iran, Chad, Mauritania, dan Libya menjadi daftarnya pada saat itu namun, akhirnya dia memilih Yordania untuk lokasi syuting.

Lokasi syuting yang ekstrem

Planet Arrakis merupakan planet yang paling berbahaya di alam semesta untuk bertahan hidup. Tidak memakai efek CGI, melakukan syuting di padang pasir Yordania, dimana para aktor dan crew bekerja keras berbulan-bulan dibawah terik matahari yang mencapai suhu lebih dari 40 derajat. 

Hari-hari yang melelahkan dihabiskan di beberapa medan yang paling tidak ramah di Dunia, syuting ini tidak mudah.

Itulah 7 fakta film Dune yang berhasil kami rangkum. Nomor berapa yang paling membuat kalian kaget?

Editor : Endang Oktaviyanti