7 Kebiasaan yang Bikin Cepat Lapar padahal Sudah Makan, dari Stres hingga Kurang Tidur

Melati Pratiwi
Selasa 16 Agustus 2022 14:55 WIB
7 Kebiasaan yang Bikin Cepat Lapar padahal Sudah Makan, dari Stres hingga Kurang Tidur
Kebiasaan yang bikin cepat lapar padahal sudah makan. (Foto: Zeenews)

JAKARTA, celebrities.id - Rasa lapar bisa menjadi tanda bahwa tubuh saat sedang membutuhkan asupan makanan. Menurut Medicinenet, Selasa (16/8/2022), rasa lapar maupun nafsu makan diatur oleh interaksi kompleks antara sistem endokrin, pencernaan, dan neurologis.

Masing-masing mengirim sinyal ke otak untuk menentukan, apakah sudah waktunya untuk memberi tubuh asupan makanan.

Normalnya, seseorang yang sudah menyantap makanan akan merasa kenyang. Namun, sebagian orang cepat merasa lapar kembali, meski sudah makan sekalipun.

Melansir Health Line, Selasa (16/8/2022),  beberapa kebiasaan dalam gaya hidup kemungkinan menjadi penyebab rasa lapar terus datang. Begitu penjelasannya

1. Terganggu saat Makan

Menurut Health Line, ada sebuah penelitian mengatakan bahwa seseorang yang terganggu saat makan akan cenderung merasa kurang kenyang. Alhasil, keinginan untuk makan sepanjang hari bertambah besar,

Bila ada sesuatu yang menganggu pikiran ketika makan, disarankan untuk berlatih mindfulness.

2. Makan Terlalu Cepat

Rasa lapar yang datang kembali meskipun sudah menyantap suatu hidangan bisa jadi disebabkan karena Anda makan terlalu cepat. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa ketika makan terlalu cepat, seseorang akan merasa kurang kenyang ketimbang mereka yang makan dengan lebih lambat.

Bila Anda adalah salah satu orang yang terbiasa makan dengan cepat, mulai lah coba untuk mengunyah makanan lebih teliti lagi.

3. Stres

Mengapa stress dapat membuat seseorang merasa cepat lapar padahal sudah makan? Hal ini dikarenakan hormon kortisol meningkat ketika stress muncul.

Stres. (Ilustrasi: Freepik.com)
Stres. (Ilustrasi: Freepik.com)

Ya, Hormon Kortisol ini lah yang dapat meningkatkan rasa lapar atau mengidam makan sesuatu. Untuk meredam stress, coba lah sesekali melakukan yoga atau meditasi.

 

1
/
2