7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Cegah Penyakit Mematikan di Indonesia

Icon CameraNurul Amanah
Jumat 25 November 2022 12:26 WIB
7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Cegah Penyakit Mematikan di Indonesia
Manfat daun kelor. (Foto: Timesofindia)

JAKARTA, celebrities.id - Manfaat daun kelor untuk kesehatan mungkin tidak banyak diketahui orang. Bahkan, sebagian orang tidak tahu jenis tumbuhan yang satu ini.  

Daun kelor yang disebut juga dengan nama merunggai merupakan salah satu tanaman yang kaya akan manfaat kesehatan serta mudah untuk dikembangbiakkan. 

Tak heran mengapa Badan Kesehatan Dunia atau WHO menobatkan kelor sebagai pohon ajaib atau miracle tree. Setelah dilakukan studi ditemukan bahwa tumbuhan ini berjasa sebagai penambah kesehatan dengan harga yang murah selama 40 tahun lebih di negara-negata termiskin di dunia.”

Lantas, apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan? Berikut ulasannya seperti dilansir dari beragam sumber, Jumat (25/11/2022):

1. Kandungan antioksidan yang tinggi

Antioksidan merupakan senyawa yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Kandungan radikal bebas yang terlalu tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan stress oksidatif yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti jantung ataupun diabetes.

2. Kandungan zat besi yang tinggi

Daun kelor memiliki kandungan zat besi 25 kali lebih tinggi daripada daun bayam. Zat besi diketahui memiliki segudang manfaat seperti untuk mengatasi anemia, menjaga kesehatan fungsi otak, atau mencegah risiko kelahiran prematur.

3. Mengandung nutrisi untuk tubuh

Daun kelor adalah sumber vitamin dan mineral bagi tubuh. Dalam 20 gram daun kelor terdapat kandungan nutrisi seperti protein, Vitamin B6, Vitamin C, Zat besi, Vitamin A, dan Magnesium.

4. Memiliki kandungan anti inflamasi

Anti inflamasi atau anti radang merupakan respons alami atau natural tubuh terhadap infeksi atau cedera tubuh. Peradangan merupakan mekanisme yang penting dalam proses pertahanan tubuh. 

Namun, proses inflamasi yang berlangsung kronis dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung bawaan dan kanker.

Daun kelor mengandung isotiosianat, yang merupakan zat anti peradangan sehingga, tumbuhan ini dipercaya dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi di tubuh.

 

1
/
2