7 Pola Makan Sehat ala Cristiano Ronaldo, Selalu Tampil Prima di Setiap Pertandingan

Icon CameraWiwie Heriyani
Jumat 25 November 2022 22:06 WIB
7 Pola Makan Sehat ala Cristiano Ronaldo, Selalu Tampil Prima di Setiap Pertandingan
Cristiano Ronaldo miliki pola makan yang sehat (Foto: celebrities.id/Instagram @cristiano)

JAKARTA, celebrities.id - Cristiano Ronaldo merupakan salah satu pemain sepak bola asal Portugal yang memiliki banyak penggemar di berbagai belahan dunia.  

Baru-baru ini dia menjadi sorotan karena berhasil membawa Timnas Portugal mengalahkan Timnas Serbia dalam matchday perdana penyisihan Grup G Piala Dunia 2022 dengan hasil skor 2-0. 

Di balik performanya yang kerap prima di lapangan hijau, kekasih dari Georgina Rodríguez ini tentu memiliki pola makan yang cukup sehat dan teratur. 

Nah, berikut pola makan sehat ala Cristiano Ronaldo yang menjadi salah satu rahasia bugarnya selama ini, dikutip dari laman Goal, Jumat, (25/11/2022).

1. Makanan berprotein tinggi

Ronaldo selalu konsisten menjalankan dietnya dengan sangat serius. Selain melakukan latihan yang baik, dia kerap mengkombinasikannya dengan diet yang sehat.

"Saya makan makanan berprotein tinggi,” ujarnya.

Makanan yang mengandung protein tinggi sering kali menjadi pilihan bagi para pelaku diet atau hendak membentuk massa otot.

Selama proses pencernaan, makanan yang mengandung protein akan dipecah menjadi bagian-bagian kecil yang disebut asam amino. 

Nutrisi ini berperan penting dalam mendukung proses metabolisme tubuh, memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak, serta memproduksi sel-sel baru.

Beberapa jenis makanan yang mengandung protein tinggi, baik dari hewan maupun tumbuhan yakni daging tanpa lemak, daging ayam, ikan dan makanan laut, telur, produk olahan susu, biji-bijian, hingga kacang-kacangan. 

 

2. Makanan tinggi karbohidrat

Ronaldo juga kerap mengimbangi asupan proteinnya dengan asupan makanan yang tinggi karbohidrat. Karbohidrat jadi asupan yang perlu dicukupi selain protein dan lemak.

Diet yang dilakukan Ronaldo adalah mengendalikan takaran makanan sesuai dengan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh per harinya. 

Nah, cara termudah untuk mengendalikan kalori yang masuk ke tubuh adalah dengan mengganti asupan karbohidrat. Selain nasi, terdapat beberapa rekomendasi makanan tinggi karbohidrat, diantaranya oatmeal, ubi jalar, singkong, kentang, hingga pasta. 

3. Buah dan sayuran

Melakukan diet sehat seperti yang dilakukan Ronaldo tak lengkap rasanya jika tak memasukkan buah dan sayuran dalam daftar makanan sehat. 

Berbagai jenis sayur dan buah bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Seperti sayuran hijau, labu, wortel, asparagus, apel, alpukat, pisang, melon, hingga kiwi. 

4. Diet gula

Ronaldo juga sangat membatasi makanan dan minuman manis alias diet gula. Untuk menjaga atau menurunkan berat badan, mengurangi asupan makanan manis, seperti gula, merupakan salah satu caranya. 

Terlalu banyak gula atau karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh Anda memang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Gula merupakan jenis karbohidrat sederhana yang dapat menyumbang kenaikan berat badan jika dimakan berlebihan. Hal ini karena makanan dengan kadar gula tinggi biasanya mengandung kalori yang tinggi juga. Gula yang tidak terpakai oleh sel tubuh kemudian dapat disimpan tubuh dalam bentuk lemak.

Dengan mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat sederhana lainnya, ini dapat mendorong tubuh dalam menggunakan cadangan lemak sebagai energi. Sehingga, hal ini kemudian dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

 

5. Makan rutin dalam porsi yang kecil

Bintang sepak bola asal Portugal ini juga bahkan memiliki ahli diet pribadi yang telah bekerja dengannya sejak hari-harinya di Real Madrid. Ronaldo kerap makan enam porsi kecil dalam sehari, atau satu porsi setiap tiga sampai empat jam.

“Makan secara teratur. Jika Anda berlatih secara teratur, penting untuk menjaga tingkat energi tetap tinggi untuk memberi bahan bakar pada tubuh Anda untuk kinerja yang lebih baik. Terkadang saya makan hingga enam porsi kecil sehari untuk memastikan saya memiliki cukup energi untuk melakukan setiap sesi di tingkat atas,” ujar Ronaldo. 

6. Suka makan ikan

Ronaldo juga kerap mengonsumsi ikan, terutama ikan todak, kakap putih, dan ikan air tawar laut. Salah satu makanan olahan ikan favoritnya adalah Bacalhau a Braz, yakni campuran dari ikan kod, bawang bombay, kentang yang diiris tipis, dan telur orak-arik. 

7. Banyak minum air putih

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa air putih memiliki peranan penting untuk menjaga hidrasi tubuh. Apalagi, bagi seorang atlet sepak bola seperti Ronaldo yang kerap berada di bawah teriknya sinar matahari dan menguras fisik. 

Selain itu, menjaga hidrasi tubuh juga penting untuk mendukung fungsi pencernaan. Oleh sebab itu, kebutuhan cairan tubuh yang tidak terpenuhi dapat menyebabkan masalah pada saluran pencernaan seperti konstipasi dan asam lambung.

“Hidrasi juga penting, minum air sangat penting, tetapi salah satu pengorbanan yang saya lakukan untuk menjaga tubuh dalam kondisi prima adalah menghindari alkohol dan minuman berkarbonasi,” ujarnya.

Editor : Hadits Abdillah