7 Tahapan Proses Taaruf dalam Islam dan Syarat Lengkap

Icon CameraAlifia Furaida Salsabila
Jumat 25 November 2022 15:32 WIB
7 Tahapan Proses Taaruf dalam Islam dan Syarat Lengkap
Taaruf dalam Islam. (Ilustrasi: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Melakukan pendekatan dalam islam disebut Taaruf. Adapun tahapan proses taaruf dalam islam berbeda dengan pacaran.

Taaruf dalam islam merupakan proses kedua calon pasangan untuk mengenal dengan tujuan menikah. Kedua calon akan memperkenalkan diri melalui pihak ketiga dan CV. Adapun yang dikenalkan mengenai latar belakang, budaya, pendidikan, agama, kesenangan, kepribadian dan lain-lain.

Proses taaruf sangat berbeda dengan pacaran. Karena dalam proses taaruf, kedua calon pasangan tidak boleh bertemu berduaan dan harus saling menjaga batasan. Ada tahapan proses ta'aruf hingga menuju proses akad.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Kamis (10/11/2022) telah merangkum tahapan proses taaruf dalam islam sebagai berikut.

Tahapan Proses Taaruf Dalam Islam 

1. Mengunjungi Kedua Orang Tua dan Keluarga Calon Pasangan

Proses pertama saat taaruf yaitu saling mengunjungi kedua orang tua atau keluarga dari calon pasangan. Pada proses ini kedua calon pasangan akan bertemu dengan didampingi keluarga, tanpa berduaan.

2. Saling Bertukar CV

Proses selanjutnya calon pasangan saling bertukar CV. CV ini berisikan latar belakang, biodata dari masing-masing pasangan. Dengan adanya CV ini untuk memberikan gambaran tentang calon pasangan.

3. Pendekatan Calon Pasangan dengan Dampingan

Apabila CV dari masing-masing calon diterima, maka diperbolehkan untuk saling bertemu namun tidak boleh berduaan. Pendekatan atau pertemuan harus ditemani dengan mahramnya untuk menghindari fitnah dan maksiat.

 

1
/
2