7 Tips Mengurangi Pertumbuhan Rambut di Wajah, Tingkatkan Asupan Omega 3

Muhammad Arif
Selasa 02 Agustus 2022 14:22 WIB
7 Tips Mengurangi Pertumbuhan Rambut di Wajah, Tingkatkan Asupan Omega 3
Tips mengurangi pertumbuhan rambut di wajah. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Pertumbuhan rambut di wajah memang sangat mengganggu penampilan. Meski sebagian ada yang membiarkan hal itu terjadi. Namun, pernahkan Anda tahu bahwa hal itu menjadi gejala dari masalah kesehatan mendasar seperti hirsutisme?

Melansir Indianexpress.com, Selasa (2/8/2022), menurut para ahli, kondisi ini lazim pada wanita dan menyebabkan pertumbuhan berlebihan rambut gelap atau kasar seperti pria di bagian  wajah, dada, dan punggung. Hal tersebut karena kelebihan hormon pria (androgen), terutama testosteron, jelas ahli gizi Shikha Gupta dalam sebuah postingan instagram.
 
Dia juga menjelaskan bahwa tingkat insulin tinggi kronis (yang berkontribusi terhadap diabetes) juga bertanggung jawab untuk mengubah produksi hormon. Hal ini menurut Gupta menyebabkan ovarium memproduksi androgen/testosteron tambahan yang menyebabkan rambut wajah.
 
“Tetapi jika kita bekerja pada akar masalahnya, pada akhirnya kita dapat memperlambat pertumbuhannya,” tulisnya dalam keterangan postingan tersebut.

 

Menurut Gupta, inilah yang bisa membantu mengurangi pertumbuhan rambut di wajah.
 
1. Kurangi gula, makanan olahan, makanan kemasan, minyak olahan. 

“Makan organik, hindari susu dan produk susu anorganik, penggunaan plastik, kosmetik, dan parfum. Singkatnya, menjalani gaya hidup organik karena bahan kimia dan makanan anorganik akan meningkatkan estrogen dan menyebabkan gejala ini atau bahkan PCOS (Sindrom ovarium polikistik),” katanya.
 
2. Mengonsumsi zinc, biasanya terdapat pada tanaman seperti chastberry, saw palmetto (pemblokir DHT alami yang menghentikan rambut wajah), dan suplemen DIM untuk menyesuaikan hormon estrogen namun harus di bawah pengawasan.
 
3. Lakukan pada resistensi insulin dengan mengurangi karbohidrat. “Teruskan hingga 20 persen dari porsi,” ujarnya.
 
4. Tingkatkan asupan Omega 3 dengan makan ikan, biji rami, almond, kenari sebanyak yang Anda bisa.
 
5. Menghilangkan estrogen sepenuhnya. “Ada dua cara untuk melakukan itu. Satu, Anda tidak boleh sembelit. Untuk itu, makan buah plum yang telah direndam semalaman saat perut kosong di pagi hari. Berkeringat melalui olahraga adalah cara lain untuk menghilangkan estrogen,” kata Gupta.
 
6. Makan banyak sayuran, terutama  kubis, kembang kol, brokoli, lobak, serta sayuran berdaun. Usahakan minimal tiga sampai lima dalam sehari.
 
7. Ada hubungan yang sangat erat antara resistensi insulin dan stres. 
“Mengatasi stres sangat penting untuk menyembuhkan gejala dari akarnya. Jalan-jalan, istirahat di sela-sela pekerjaan, tidur nyenyak, latihan pernapasan, dan pergi berlibur untuk menghilangkan stres,” katanya.

Editor : Endang Oktaviyanti