700 Pekerja Amazon Inggris Mengundurkan Diri, Kenapa?

Tangguh Yudha
Jumat 05 Agustus 2022 21:29 WIB
700 Pekerja Amazon Inggris Mengundurkan Diri, Kenapa?
Sebanyak 700 pekerja gudang Amazon di Inggris mengajukan resign karena masalah gaji. (Foto: Reuters) 

JAKARTA, celebrities.id - Sebanyak 700 pekerja gudang Amazon di Inggris mengajukan resign karena masalah gaji. Pengunduran diri secara massal ini berlangsung dalam sepekan terakhir ini.

Melansir dari Engadget, Jumat (5/8/2022), masalah muncul saat para pekerja meminta kenaikan gaji sebesar 2,44 Dolar AS atau setara Rp36 ribu per jam. Namun perusahaan tersebut dengan keras menolak.

Amazon hanya mengabulkan kenaikan gaji sebesar 34 sen per jamnya. Menurut GMB, serikat pekerja yang mewakili para karyawan pun memilih angkat kaki dari perusahaan.

"Amazon adalah salah satu perusahaan paling untung di planet ini. Dengan biaya rumah tangga yang melonjak, paling tidak yang bisa mereka lakukan adalah menawarkan gaji yang layak," kata Steve Garelick, penyelenggara regional untuk GMB.

Garelick sempat memposting rekaman video dari para pekerja gudang di daerah Tillbury, Inggris yang memprotes dan melakukan mogok kerja setelah perusahaan besutan Jeff Bezos itu tidak memenuhi tuntutan.

Dia juga menyebut bahwa manajemen perusahaan telah menarik catering di fasilitas itu pasca pergolakan seraya memberi tahu para pekerja bahwa mereka akan diberhentikan.

Tak gentar, para pekerja lantas melakukan resign massal. Dan ini menjadi protes terbesar sepanjang sejarah setelah rentetan masalah yang terjadi antara Amazon dan para pekerjanya.

Untuk diketahui, protes yang dilayangkan karyawan Amazon sebenarnya sudah dilakukan bahkan sejak tahun 2013 lalu. Kala itu para karyawan menuntut untuk standar kesehatan yang lebih baik.

Protes juga terjadi di masa-masa pandemi Covid-19. Para karyawan menganggap perusahaan belum melakukan cukup banyak aksi untuk menjaga mereka selama pandemi.

Editor : Andre Purwanto