8 Bidang Usaha yang Mengolah Sumber Daya Alam dan Contohnya

Iqbal Widiarko
Sabtu 14 Mei 2022 13:28 WIB
8 Bidang Usaha yang Mengolah Sumber Daya Alam dan Contohnya
Bidang Usaha yang Mengolah Sumber Daya Alam. (Foto:celebrities.id/MPI Aan Haryono)

JAKARTA, celebrities.id - Bidang usaha yang mengolah sumber daya alam seperti hewan dan tumbuhan disebut usaha agraris. Jenis usaha yang termasuk bidang agraris seperti pertanian dalam arti luas antara lain persawahan, perkebunan, perhutanan, peternakan dan perikanan.

Ada juga usaha ekstraktif yang merupakan salah satu jenis perusahaan menurut kegiatannya. Kegiatan nelayan, penggali pasir dan pengolah minyak mentah merupakan contoh usaha ekstraktif.

Sumber daya alam yang tidak diolah hanya memberikan manfaat minimal bagi manusia. Sementara yang sudah diolah, dalam usaha agraris memiliki manfaat dan kegunaan lebih atau berlipat ganda. Dilansir dari berbagai sumber, Senin (25/4/2022) telah merangkum bidang usaha yang mengolah sumber daya alam, sebagai berikut.

Bidang Usaha yang Mengolah Sumber Daya Alam 

1. Bidang Usaha Peternakan

Usaha peternakan adalah upaya memelihara binatang peliharaan untuk diambil manfaatnya. Usaha peternakan di Indonesia terbagi menjadi tiga, yakni peternakan hewan besar seperti peternakan sapi, kerbau dan kuda.

Kemudian peternakan hewan kecil seperti peternakan kambing, kelinci dan domba. Lalu ada peternakan unggas seperti peternakan ayam dan itik.

2. Bidang Usaha Ekstraktif

Sumber daya alam bisa dimanfaatkan langsung dari sumbernya dari alam. Ini disebut jenis usaha ekstraktif. Dalam bidang usaha ekstraktif, bahan bakunya diambil dari alam tanpa harus diolah lebih dulu.

Misal jenis usaha ekstraktif adalah pertambangan batu bara yang menggali dari tanah, penebangan kayu langsung di hutan, petani garam yang mengolah langsung dari air laut dan nelayan yang mendapatkan ikan di laut.

3. Bidang Usaha Perikanan

Usaha perikanan di Indonesia dikelompokkan menjadi perikanan darat dan perikanan laut. Perikanan darat adalah upaya memelihara dan menangkap ikan di sungai atau danau. Sementara perikanan laut merupakan kegiatan menangkap ikan di pantai atau di laut termasuk pembudidayaan ikan laut dalam tambak-tambak.

4. Bidang Usaha Pertambangan

Usaha pertambangan merupakan kegiatan menemukan, menggali dan mengolah barang-barang tambang demi kesejahteraan manusia.

Berdasarkan wujudnya, barang tambang yang banyak terdapat di Indonesia digolongkan seperti barang tambang padat semisal emas, perak dan batu bara. Kemudian ada barang tambang cair seperti minyak bumi. Ada juga barang tambang gas semisal gas alam.

 

1
/
2